Minggu, 20/10/2019 13:22 WIB

Korea Utara Meluncurkan Dua Rudal Jarak Pendek

Korea Utara menembakkan dua rudal jarak pendek ke Laut Timur, yang juga dikenal sebagai Laut Jepang.

Foto ilustrasi uji coba rudal Korea Utara. (Foto: Ebrahim Noroozi / EPA)

Pyongyang, Jurnas.com - Korea Utara menembakkan dua rudal jarak pendek ke Laut Timur, yang juga dikenal sebagai Laut Jepang, Kamis (25/7).

"(Korea Utara) menembakkan satu rudal jarak pendek sekitar pukul 5:34 pagi dan yang lainnya pukul 05:57, dari Semenanjung Hodo dekat kota pesisir timur Wonsan ke Laut Timur," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) dalam sebuah pernyataan.

Ia menambahkan, rudal itu terbang sekitar 430 kilometer dan mencapai ketinggian 50 kilometer sebelum jatuh ke laut.

"AS dan Korea Selatan sedang dalam proses menganalisis rincian terkait dengan peluncuran," katanya.

Pelepasan rudal tersebut, terjadi hanya beberapa hari setelah Korut mengecam latihan militer gabungan antara Korea Selatan dan AS.

Pyongyang mengatakan, latihan itu merupakan tantangan habis-habisan terhadap upaya menuju perdamaian di Semenanjung Korea.

Korea Utara, yang saat ini berada di bawah beberapa sanksi keras Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan AS atas program nuklir dan misilnya, menghentikan uji coba rudal dan nuklir secara unilateral setelah hubungan Pyongyang dan Seoul sempat mencair awal 2018.

Hubungan yang sempat membaik itulah yang melatari pertemuan puncak antara Presiden AS, Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un untuk membahas demiliterisasi Semenanjung Korea, di Singapura pada Juni tahun lalu dan yang kedua di Vietnam pada Februari.

Hanya sedikit kemajuan dari hasil pertemuan KTT Singapura, karena Washington menolak mencabut sanksi keras terhadap Korea Utara.

Lebih parah lagi, KTT Vietnam yang berakhir tanpa kesepakatan ksrena kedua belah pihak gagal mencapai konsensus. Trump mengklaim Kim Jong un bersikeras penghapusan semua sanksi terhadap Korea Utara.

Menyusul kegagalan KTT, Korea Utara berulang kali memperingatkan, pihaknya mempertimbangkan untuk mengakhiri pembicaraan mengenai denuklirisasi dan melanjutkan uji coba nuklir dan rudal.

Dalam pertemuan singkat ketiga mereka di perbatasan Korea pada akhir Juni, Kim Jong un dan Trump sepakat memulai pembicaraan tingkat kerja.

TAGS : Korea Utara Rudal Jarak Pendek Laut Jepang




TERPOPULER :