Kamis, 12/12/2019 04:31 WIB

AS Tambah 2.100 Pasukan ke Perbatasan Meksiko

Penegakan hukum sipil akan terus mengawasi para migran dan pasukan militer akan membantu di kamp-kamp penahanan

Tampak seorang ibu bersama dua anaknya berlarian ketakuan saat militer as menembakkkan gas air mata di depan tembok perbatasan antara AS dan Meksiko di Tijuana (Foto: Kim Kyung-Hoon / Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Tambahan 2.100 tentara, termasuk 1.100 anggota dinas aktif dan 1.000 prajurit Garda Nasional Texas, akan dikerahkan ke perbatasan AS-Meksiko dalam beberapa minggu ke depan.

Hal itu disampaikan penjabat Sekretaris Pertahanan Richard Spencer, yang mengambil tanggung jawab Departemen Pertahanan memberikan wewenang kepada personil tambahan.

Pada Kamis, Spencer, yang telah menjadi sekretaris Angkatan Laut sejak Agustus 2017, mengumumkan bahwa ia bertemu Jumat di McAllen, Texas, dengan anggota layanan saat ini dikerahkan untuk mendukung misi keamanan perbatasan barat daya.

"Personel tugas aktif yang baru akan memberikan pengawasan udara, operasional, logistik, dan dukungan administratif kepada Patroli Kepabeanan dan Perbatasan," kata juru bicara Pentagon Mayor Chris Mitchell dilansir UPI.

Anggota Pengawal Texas akan membantu CBP dengan asupan dan penahanan migran. Pasukan tugas aktif tambahan diperlukan karena kekurangan personel Pengawal Nasional sukarela.

Pada Juni lalu, Gubernur Texas Greg Abbott mengumumkan mobilisasi pasukan Texas National Guard yang akan datang untuk membantu membangun fasilitas penahanan di Lembah Rio Grande dan El Paso untuk orang dewasa lajang yang memasuki negara itu secara ilegal. Misi akan didanai pemerintah federal dan di bawah kendali gubernur.

Dan awal bulan ini, Departemen Keamanan Dalam Negeri secara resmi mengirim permintaan ke Pentagon untuk pasukan Garda Nasional tambahan.

Penegakan hukum sipil akan terus mengawasi para migran dan pasukan militer akan membantu di kamp-kamp penahanan, kata para pejabat.

Perincian 1.000 Penjaga mencakup sekitar 250 personel tambahan di pelabuhan masuk dan bandara di Texas dan 750 lainnya untuk membantu staf Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan di dua "fasilitas penampungan migran dewasa sementara" di Donna atau Tornillo di Texas, kata Mitchell.

"Keputusan mengenai mempersenjatai personil militer dan aturan terkait untuk penggunaan kekuatan akan diinformasikan oleh keadaan misi mereka dan dibuat oleh gubernur Texas, dalam konsultasi dengan CBP," kata Mitchell.

Sekretaris Angkatan Darat Mark Esper, yang telah dicalonkan sebagai menteri pertahanan berikutnya, berbicara tentang dukungan militer di perbatasan selama sidang konfirmasi Komite Angkatan Bersenjata Senat Selasa.

"Saya pikir dalam banyak hal, itu hanya salah satu hal yang kami lakukan, apakah itu memadamkan kebakaran hutan di California, membantu pemulihan badai di Texas atau Puerto Rico, membanjiri sepanjang Mississippi," katanya.

"Itu salah satu hal yang kami sediakan untuk bagian lain dari pemerintah, kepada rakyat Amerika."

TAGS : Pasukan AS Perbatasan Meksiko




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :