Sabtu, 14/12/2019 14:51 WIB

Minta Keramba Ditertibkan, DPD: Pariwisata Unggulan Danau Toba

DPD RI mendukung Dana Toba sebagai destinasi wisata dunia. Untuk itu, seluruh keramba yang ada di kawasan Danau Toba harus ditertibkan guna memperbaiki kualitas air yang selama ini semakin buruk.

Anggota DPD dari Sumut, Parlindungan Purba

Jakarta, Jurnas.com - DPD RI mendukung Dana Toba sebagai destinasi wisata dunia. Untuk itu, seluruh keramba yang ada di kawasan Danau Toba harus ditertibkan guna memperbaiki kualitas air yang selama ini semakin buruk.

Anggota DPD dari Sumatera Utara (Sumut), Parlindungan Purba mengatakan, pihaknya sedang konsen terkait masalah kualitas air Dana Toba yang tercemar akibat keramba ikan. Hal itu mengingat rencana Presiden Jokowi terhadap kawasan Danau Toba untuk menjadi destinasi wisata dunia.

"Kita masyarakat yang ada dimanapun bahwa pariwisata adalah unggulan Danau Toba. Jadi sekali lagi Danau Toba menjadi kawasan strategis nasional, ini harus kita dukung dengan cara masing-masing," kata Parlindungan, dalam diskusi bertajuk "Peningkatan Kualitas Air Danau Toba, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (17/7).

Untuk megnatasi hal itu, kata Parlindungan, Gubernur Sumut telah melayangkan surat kepada Kementerian Lingkungan Hidup untuk meminta bantuan ke pemerintah pusat agar duduk bersama mengatasi persoalan tersebut.

"Tentu saya berharap kepada pemerintah kabupaten kota yang tujuh itu, supaya menganggarkan juga untuk pemeliharaan kualitas air Danau Toba, jadi jangan hanya diserahkan kepada provinsi, diserahkan kepada pusat atau dinas terkait, karena ini banyak kementerian yang terkait," terangnya.

TAGS : Danau Toba Anggota DPD Parlindungan Purba




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :