Kamis, 22/08/2019 03:28 WIB

Miliki Tanda Ini? Jangan-jangan Anda Sudah Tua

Memasuki usia 25 tahun ke atas, pergantian sel kulit akan melambat sehingga membuat banyak perempuan resah jika kulit kusam dan tua.

Jika memiliki tanda ini berarti sudah muncul fase penuaan dini (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Tanda-tanda penuaan atau anti aging mulai muncul sekitar usia 25 tahun. Proses penuaan secara alami terjadi pada setiap manusia.

Pada usia ini mulai muncul flek hitam serta terjadi penurunan produksi kolagen dan elastisitas kulit. Usia menjadi salah satu faktor yang berperan dalam proes penuaan.

Faktor lain yang ikut memengaruhi pada proses penuaan adalah paparan sinar matahari, asap rokok, polusi, stres, serta asupan gizi tidak seimbang. Paparan berlebih pada faktor lainnya ini jadi sebab penuaan dini.

Dokter Spesialis kulit dan kecantikan Hafiza Fikri Fadel SpKK mengatakan jika kita bisa mendeteksi kalau sudah ada atau muncul tanda penuaan dini.

Lalu, apa ciri-ciri ketika orang mengalami aging? "Kalau bicara aging skin, pasti ada kerutan, kerutan ini bisa halus dan kasar. Kerut halus dan kasar itu terjadi ada hubungannya dengan faktor-faktor yang mendasar aging skin tadi," ucapnya.

Dua proses dari dalam dan eksternal, termasuk sinar UV, bisa menyebabkan aging skin. Lalu faktor eksternal patoghenesis atau turunan proses dan juga cara merawat kulit wajah juga turut berpengaruh.

"Jadi kalau produk perawatan yang beredar adalah anti aging yang berfungsi melembabkan kulit. Kulit lembab membantu bekerja enzim-enzim dan antioksidan sangat penting dia meruoakan faktor menghambat aging proses itu sendiri. Pembentukan radikal bebas tidak bisa dihindari. Oleh karena itu produk anti aging banyak meng-highlight antioksidan," paparnya.

Cara efektif untuk menyamarkan tanda penuaan dini, menurut Hafiza dengan memilih rangkaian produk perawatan kulit yang melindungi dari paparan sinar UV di siang hari yang menyebabkan flek hitam serta membantu merawat sel kulit di malam hari.

TAGS : Anti Aging Penuaan Dini Perawatan Kulit




TERPOPULER :