Jum'at, 19/04/2024 14:34 WIB

Hati-hati, Penggunaan Ponsel Berlebih Bikin Cepat Tua

 penggunaan teknologi telepon genggam secara berlebihan tidak hanya memisahkan seseorang dari dunia nyata di sekitarnya tetapi juga dapat mempercepat penuaan.

Seorang penumpang yang mengenakan masker menggunakan ponselnya di kereta bawah tanah (File foto: Reuters/Tingshu Wang)

Jakarta, Jurnas.com - Pakar media sosial Turki, Deniz Unay, mengatakan bahwa penggunaan teknologi telepon genggam secara berlebihan tidak hanya memisahkan seseorang dari dunia nyata di sekitarnya tetapi juga dapat mempercepat penuaan.

"Berjam-jam dihabiskan di depan telepon dan cahaya yang memancar dari layarnya dapat menyebabkan penuaan," kata Unay dikutip AA, Selasa (21/09).

Unay, seorang penulis dan pembicara sains dan teknologi yang tinggal di Istanbul, juga mengatakan orang yang kecanduan teknologi cenderung mengonsumsi makanan cepat saji, yang pada gilirannya mengganggu pola makan mereka dan menyebabkan obesitas.

Dia mengatakan tubuh manusia adalah sistem besar yang bekerja secara sinkron. "Masalah yang terjadi di satu bagian dari sistem ini akan menyebar ke seluruh sistem dan merusak struktur organ vital terutama dan membuat mereka menua," ujarnya.

Di berbagai lampu yang memancar dari ponsel, tablet, dan komputer, pakar teknologi itu mengatakan penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya biru di ponsel tidak bebas dari masalah sama sekali.

Dia mengatakan cahaya itu tidak hanya memungkinkan orang untuk melihat tetapi juga menyinkronkan jam biologis manusia, siklus 24 jam.

"Cahaya biru adalah agen (dalam siklus) karena gelombang pendek yang datang bersama cahaya memanipulasi sistem sirkadian, yang menjaga ritme biologis dan psikologis seseorang tetap sinkron," jelas dia.

Menggarisbawahi bahwa ritme sirkadian sangat penting bagi berfungsinya organisme, Unay mengatakan bahwa sistem ini menyebabkan gangguan tidur dan bangun sehingga dengan demikian menimbulkan penyakit kejiwaan dan neurodegeneratif.

Mengutip sebuah artikel yang diterbitkan oleh Joerg Liebmann dan Matthias Born di Journal of Investigative Dermatology, Unay mengatakan, penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru, terutama dari perangkat elektronik, menyebabkan perubahan pada sel-sel kulit Anda, termasuk penyusutan sel dan kematian.

“Menurut kami, cahaya biru tidak hanya memengaruhi kondisi kita di siang hari, tetapi juga memicu penuaan dengan efeknya pada kulit,” kata Unay.

Namun cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat teknologi memiliki efek berbahaya dan menguntungkan tergantung pada intensitas dan tingkat paparan, tambahnya.

"Keratosis aktinik, yaitu pembengkakan bersisik yang muncul di wajah dan sekitar, di tangan, bisa berubah menjadi kanker, meski tidak terlalu umum," jelasnya.

“Di sini, cahaya biru juga digunakan sebagai elemen pengobatan, terutama karena telah diamati untuk membantu mengurangi jumlah bintik-bintik prakanker.”

Unay menegaskan bahwa penggunaan alat-alat teknologi yang berlebihan mempengaruhi orang-orang baik secara psikologis maupun fisiologis.

Untuk mengurangi risiko yang berasal dari kecanduan teknologi, dia menyarankan untuk menghapus aplikasi dari ponsel yang tidak digunakan orang dan mematikan notifikasi dari game dan aplikasi.

Ketika orang mematikan aplikasi, ada penurunan besar dalam penggunaan telepon sehari-hari mereka, kata dia.

“Jika kita kesulitan mengendalikan diri, kita juga bisa mengunduh aplikasi yang membatasi waktu penggunaan aplikasi di ponsel kita,” saran dia.

KEYWORD :

Pakar Media Sosial Telepon Genggam Penuaan Dini




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :