Jum'at, 19/04/2024 14:55 WIB

Jokowi Bertemu Prabowo, PDIP: Itu Tradisi Musyawarah Khas Pancasila

Pertemuan tersebut menjadi ukuran peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia.

Jokowi dan Prabowo saat bertemu pasca-Pilpres

Jakarta, Jurnas.com - Pertemuan Presiden terpilih Joko Widodo dengan Prabowo Subianto di Stasiun MRT, Jakarta mendapat sambutan positif dari banyak masyarakat. Bahkan PDI Perjuangan memberi apresiasi khusus atas pertemuan dua tokoh yang berkompetisi pada Pilpres 2019 lalu.

“Pertemuan tersebut menjadi ukuran peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia. Sebab pemilu presiden sudah selesai," ujar Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Sabtu (13/7/2019).

Dengan pertemuan kedua pemimpin, jelas Hasto, PDI Perjuangan semakin meyakini bahwa jalan musyawarah demi persatuan Indonesia adalah pembumian penting dari demokrasi Pancasila.

Hasto menambahkan, ketika Jokowi dan Prabowo bertemu dalam suasana penuh kegembiraan, maka sesuai kultur politik di Indonesia, hal itu akan membawa suasana positif di tingkat grass roots.

"Kini semua berproses pada jalan yang sama, yakni memerkuat semangat Merah Putih," tegas Hasto yang menyaksikan pertemuan itu melalui siaran langsung televisi bersama Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sowkarnoputro.

Lantas apa kata Megawati? Hasto menuturkan Putri Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno itu menyampaikan rasa syukurnya, dan sejak awal percaya kenegarawanan Pak Prabowo.

"Sama halnya dengan keyakinan Ibu Megawati mengapa konsisten memberikan dukungan ke Pak Jokowi, karena kepemimpinannya yang merangkul, berdialog dan berdedikasi bagi bangsa dan negara Indonesia," tutur Hasto.

Ia juga menilai dengan pertemuan tersebut, maka PDI Perjuangan semakin optimis terhadap arah masa depan bangsa dan negara.

"Yang lebih menggembirakan kami adalah bahwa demokrasi Pancasila bekerja baik. Gotong royong, musyawarah-mufakat, persatuan Indonesia, dan keluhuran budi para pemimpinnya telah menjadi modal bagi bangsa Indonesia untuk berdemokrasi dengan kultur Indonesia, yakni berdemokrasi dengan hikmat kebijaksanaan untuk kemajuan Indonesia Raya," tegasnya.

"Ketika persatuan para pemimpin berproses menjadi persatuan nasional seluruh warga negaranya, maka hal tsb menjadi momentum penting bagi bangkitnya spirit dan kehendak nasional untuk berkemajuan bagi tanah air tercinta," tuntas Hasto Kristiyanto, Sekjen PDI Perjuangan.

KEYWORD :

Jokowi bertemu Prabowo PDI Perjuangan Pancasila




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :