Sabtu, 20/04/2024 16:31 WIB

Kemenhub Targetkan Stasiun Kedundang-YIA Beroperasi Tahun 2021

Ini semua untuk mendukung mimpi Presiden Joko Widodo mewujudkan Joglosemar sebagai Bali Baru,

KA Bandara Yogyakarta-Yogyakarta International Airport

Yogyakarta, Jurnas.com - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan memasang target menyelesaikan pembangunan Stasiun Kedundang menuju Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo sepanjang 5,7 Km pada akhir tahun 2020. Sehingga awal tahun 2021 YIA telah telah terkoneksi dengan jaringan rel kereta api.

"Sehingga nanti masyarakat yang hendak ke YIA bisa langsung menggunakan kereta bandara hingga kedalam, tidak lagi berhenti di Stasiun Wojo seperti sekarang," kata Direktur Angkutan dan Lalu Lintas Dirjen Perkerataapian Kementerian Perhubungan Danto Ristyawan di Yogyakarta.

Danto mengatakan, pembangunan Stasiun Kedundang hingga YIA akan menggunakan kontruksi kombinasi antara elevated dan et grade. Elevated atau melayang dibangun sepanjang 5 km dari Stasiun Kedundang sebagai titik awal. Sedangkan at grade atau di bawah tanah dibangun 700 meter hingga masuk ke dalam area bandara.

"Nantinya rel kereta api bandara YIA ini akan terkoneksi dengan jaringan utama double track  lintas selatan Pulau Jawa," kata Danto.

Dengan tersambungnya jaringan rel kereta api hingga ke bandara, maka waktu tempuh antara Yogyakarta hingga YIA hanya sekitar 45 menit. Jauh lebih singkat dari waktu tempuh via jalan raya yang rata-rata sekitar 1,5 jam.

"Ini semua untuk mendukung mimpi Presiden Joko Widodo mewujudkan Joglosemar sebagai Bali Baru," kata Danto.

Corporate Deputy Director of Passanger Transport Marketing and Sales PT KAI, Asdo Artriviyanto, menjelaskan bahwa saat ini KAI telah mengoperasikan KA Bandara menuju YIA. Namun, operasional yang berlangsung baru melintasi 4 stasiun, yakni Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojo.

"Sebenarnya KAI tidak hanya melayani Joglosemar, tetapi Joglosemarkerto yaitu Jogjakarta, Solo, Semarang, dan Purwokerto," kata Asdo.

Menurutnya pengoperasian KA Kalijaga yang menghubungkan Purwosari-Semarang Poncol PP menjadi titik awal konektivitas di Joglosemar. KA yang menghubungkan 8 stasiun di wilayah Jawa Tengah itu beroperasi sejak 15 Februari 2014.

Sukses meluncurkan KA Kalijaga, kemudian KAI meluncurkan KA Kamandaka relasi Semarang Tawang Purwokerto PP pada 17 Februari 2014. Selanjutnya diluncurkan KA Joglokerto relasi Solo Balapan Purwokerto PP pada 25 September 2015.

Melihat peningkatan volume ketiga KA tersebut setiap tahunnya, KAI meluncurkan KA Joglosemarkerto pada 1 Desember 2018. KA Joglosemarkerto merupakan perpanjangan dari salah satu rute KA Kamandaka.

"Dengan dibukanya relasi baru, KA Joglosemarkerto memberikan pilihan transportasi kepada masyarakat Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal dan sekitarnya dalam bepergian. Sehingga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan wisata di Joglosemarkerto," tuturnya.

KEYWORD :

Stasiun Kedundang Yogyakarta International Airport kereta api




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :