Sabtu, 20/04/2024 19:54 WIB

Sanksi Baru AS Menargetkan Pemimpin Tertinggi Iran

Trump mengatakan sanksi terbaru juga akan menargetkan lingkaran dalam Khamenei.

Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Ali Khamenei (Foto: Tehran Time)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintahan Trump pada Senin mengeluarkan sanksi baru, terhadap kantor pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei yang juga merupakan komandan di pengawal revolusi. Selain itu, Trump juga mengancam akan memberikan sanksi kepada Menteri Luar Negeri Javad Zarif minggu ini.

Presiden AS Donald Trump berjanji untuk menjatuhkan sanksi setelah Teheran menangkap pesawat pengintai AS senilai $ 150 juta (Dh550.9m) dekat Selat Hormuz pekan lalu. Trump mengatakan sanksi terbaru juga akan menargetkan lingkaran dalam Khamenei.

"Pemimpin tertinggi Iran adalah orang yang pada akhirnya bertanggung jawab atas perilaku bermusuhan rezim," katanya dikutip The National.

"Dia dihormati di negaranya. Kantornya mengawasi instrumen paling brutal rezim," tambahnya.

Trump mengatakan bahwa sanksi itu sebagai tanggapan terhadap eskalasi Iran di Teluk, termasuk insiden drone.

"Saya pikir banyak pengekangan telah ditunjukkan oleh kami dan itu tidak berarti kami akan menunjukkannya di masa depan," katanya.

Trump pekan lalu memerintahkan kemudian secara tiba-tiba membatalkan serangan udara yang direncanakan terhadap Iran setelah insiden itu.

Dia menggambarkan serangan Iran sebagai tidak baik dan tidak tepat dan mengatakan dia akan menyangkal pemimpin tertinggi dan kantor pemimpin tertinggi, dan mereka yang berafiliasi erat dengannya dan akses kantor ke sumber daya keuangan utama.

"Langkah-langkah ini mewakili respon yang kuat dan proporsional terhadap tindakan Iran yang semakin provokatif," kata Trump.

Delapan komandan dari Korps Garda Revolusi Islam Iran juga telah masuk daftar hitam. Pada bulan April, administrasi Trump menunjuk Garda sebagai organisasi teroris .

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan AS akan memasukkan daftar hitam Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif dan memblokir miliaran lebih banyak dalam aset Iran minggu ini.

Mnuchin mengatakan Washington tidak berkonsultasi dengan sekutu mengenai sanksi, yang merupakan seri terbaru untuk menargetkan Iran sejak AS menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 pada Mei tahun lalu.

Ketegangan meningkat dengan cepat di Teluk sejak Mei tahun ini, ketika pemerintahan Trump mencabut keringanan impor minyak Iran, menekan ekonominya.

Sejak itu, serangan terhadap enam kapal tanker minyak di dekat Selat Hormuz telah meningkatkan momok perang dan mendorong kenaikan harga minyak. AS menyalahkan serangan terhadap Teheran.

Pemerintahan Trump berharap kampanye "tekanan maksimum" akan memaksa Iran untuk menegosiasikan kembali kesepakatan nuklir yang juga membatasi kegiatannya di kawasan itu.

"Sanksi yang baru diumumkan itu menunjukkan AS menggandakan strateginya," kata Ariane Tabatabai, seorang ahli Iran di Rand Corporation.

AS telah memberi sanksi lebih dari 80 persen ekonomi Iran, kata Menteri Luar Negeri Mike Pompeo.

"Satu-satunya jalan ke depan adalah bagi Iran untuk menegosiasikan kesepakatan komprehensif yang membahas berbagai perilaku tidak stabilnya," kata Pompeo, Senin.

"Sampai itu terjadi, kampanye isolasi diplomatik dan tekanan ekonomi maksimum kami akan terus berlanjut."

KEYWORD :

Sanksi AS Ali Khamanei




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :