Senin, 22/07/2019 16:54 WIB

Selain Indonesia, Ini 4 Negara yang Berlebaran Besok Lusa

Empat negara tetangga Indonesia juga sudah mengeluarkan keputusan, bahwa besok umat Islam masih akan melaksanakan puasa hari terakhir.
 

Rukyatul hilal (Foto: Kemenag)

Jakarta, Jurnas.com – Kementerian Agama (Kemenag) sudah mengumumkan bahwa hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H di Indonesia, akan jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019 lusa.

Keputusan tersebut didasarkan pada hasil sidang isbat yang menyatakan posisi hilal masih berada di bawah ufuk. Ditambah lagi pengakuan petugas yang belum melihat hilal dengan mata telanjang.

Berlebaran pada Rabu (5/6) lusa bukan hanya di Indonesia. Empat negara tetangga Indonesia juga sudah mengeluarkan keputusan, bahwa besok umat Islam masih akan melaksanakan puasa hari terakhir.

Seperti dilaporkan Lately, Imam Besar Selandia Baru mengumumkan pada Senin (5/6) pukul 13.10 siang bahwa 1 Syawal 1440 H jatuh pada Rabu. Pengumuman serupa juga diikuti oleh Australia setengah jam kemudian, dan Filipina beberapa jam berikutnya.

“Muslim Filipina akan menjalani puasa terakhir pada 4 Juni, dan Idul Fitri akan dilaksanakan pada 5 Juni,” kata Mufti Abuhuraira Udasan.

Adapun Singapura hingga saat ini masih menunggu hasil rukyatul hilal. Jika bulan terlihat, maka umat Islam di Singapura akan melaksanakan hari raya Idul Fitri pada Selasa (4/6) besok. Akan tetapi, jika hilal masih belum terlihat, maka akan melaksanakan puasa terakhir esok hari.

TAGS : Hari Raya Idul Fitri Puasa Ramadan




TERPOPULER :