Rabu, 18/09/2019 02:50 WIB

Boeing 737 MAX Dilarang Terbang hingga Agustus

Boeing 737 MAX masih dilarang terbang hingga Agustus mendatang. Keputusan pasti mengenai waktu, tetap berada di tangan regulator.

Pesawat Boeing (foto: UPI)

Seoul, Jurnas.com – Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) memperkirakan Boeing 737 MAX masih dilarang terbang hingga Agustus mendatang. Keputusan pasti mengenai waktu, tetap berada di tangan regulator.

“Kami tidak mengharapkan sesuatu sebelum 10 hingga 12 minggu, untuk masuk kembali ke dalam layanan,” kata Direktur Jenderal IATA Alexandre de Juniac dilansir dari Reuters pada Rabu (29/5).

“Tapi itu bukan di tangan kami. Itu di tangan regulator,” tambah dia.

Boeing 737 MAX dilarang terbang secara global pada Maret lalu, setelah kecelakaan di Indonesia dan Ethiopia yang dilaporkan telah menewaskan ratusan orang.

IATA berencana untuk mengadakan pertemuan puncak dengan maskapai penerbangan, regulator dan Boeing dalam lima hingga tujuh minggu ke depan, untuk membahas apa yang diperlukan agar 737 MAX kembali ke layanan.

Sementara dalam pertemuan IATA dengan operator 737 MAX di Montreal pekan lalu, anggota maskapai menuntut regulator supaya bekerja sama secara erat pada keputusan untuk pengoperasian kembali pesawat.

"Kami berharap mereka akan menyelaraskan kerangka waktu mereka," katanya tentang regulator.

TAGS : Boeing 737 MAX




TERPOPULER :