Jum'at, 19/04/2024 07:16 WIB

Trump Minta Jepang Fasilitasi Dialog AS-Iran

Trump menegaskan bahwa Gedung Putih terbuka untuk melakukan dialog dengan Iran

Foto selfie Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe di lapangan golf (Foto: Twitter Abe)

Tokyo, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ingin memanfaatkan hubungan baik Perdana Menteri Jepang Abe Shinzo dengan Iran, untuk memfasilitasi dialog antara AS dan Iran di Timur Tengah.

Kepada Abe, Trump menegaskan bahwa Gedung Putih terbuka untuk melakukan dialog dengan Iran, guna mengecilkan potensi konflik militer, kendati Iran di sisi lain tidak tertarik untuk melakukan hal tersebut.

"Saya tahu bahwa perdana menteri Jepang memiliki hubungan yang sangat baik dengan Iran, sehingga kita akan melihat apa yang terjadi," katanya saat bertemu dengan Abe di Tokyo pada Senin (27/5) dilansir dari Associated Press.

"Perdana menteri sudah berbicara kepada saya tentang itu, dan saya percaya bahwa Iran ingin berbicara. Dan jika mereka ingin berbicara, kami juga ingin berbicara. Kita akan lihat apa yang terjadi. Tidak ada yang mau melihat hal-hal buruk terjadi, terutama aku," imbuh dia.

Trump telah menjatuhkan sanksi baru yang keras terhadap Iran, yang ditargetkan melumpuhkan ekonomi Teheran.

Akhir pekan lalu, Trump mengumumkan pengerahan 1.500 tentara AS ke kawasan Timur Tengah, yang memicu meningkatnya ketegangan.

KEYWORD :

Jepang Iran Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :