Senin, 17/06/2019 07:37 WIB

Pemerintah Buka Ruang Keberatan pada Penetapan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Ketua Tim Panel Independen J.B Kristiadi menjelaskan keberatan yang diajukan wajib disertai bukti relevan.

Gedung Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB).

Jakarta. Jurnas.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Tim Panel telah mengumumkan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019. Seperti tahun sebelumnya, dibuka kesempatan untuk masyarakat memberikan opini/dukungan/keberatan terhadap Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 tersebut.

Ketua Tim Panel Independen J.B Kristiadi menjelaskan keberatan yang diajukan wajib disertai bukti relevan yang dapat menjadi pertimbangan bagi Tim Panel Independen untuk mengeluarkan inovasi yang bersangkutan dari daftar Top 99 tahun 2019. Tindak lanjut terhadap opini yang disampaikan masyarakat dapat dilakukan mulai 27 Mei 2019.

Opini masyarakat itu hanya dapat disampaikan melalui e-mail info.sinovik@menpan.go.id, dengan menyertakan identitas jelas dan kontak yang bisa dihubungi. Untuk menjamin privasi, kontak itu akan dirahasiakan. Jika tidak ada keberatan sampai batas waktu yang ditentukan, selanjutnya akan dilakukan penetapan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dengan Keputusan Menteri PANRB.

Berdasarkan Surat Pengumuman No: B/163/PP.00.05/2019 tentang Top 99 Inovasi Pelayanan Publik KIPP 2019 di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemda, BUMN, dan BUMD, instansi pemerintah yang berhasil masuk daftar 99 inovasi terbaik itu terdiri dari 19 kementerian, lima lembaga, 12 pemerintah provinsi, 41 pemerintah kabupaten, 21 pemerintah kota, dan satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Surat tersebut sudah diunggah di laman resmi Kementerian PANRB (menpan.go.id) pada Selasa (21/05).

Pada penutupan pengajuan proposal inovasi pelayanan publik secara daring pada 21 April 2019 lalu, sebanyak 3.156 inovasi telah terekam dalam Sistem Inovasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) yang diajukan oleh 331 instansi pemerintah. Terdapat 1.872 inovasi pelayanan publik, yang kemudian melalui seleksi administrasi, dihasilkan 1.651 inovasi yang dinyatakan lolos ke tahap penilaian proposal.

Tim Evaluator melakukan penilaian proposal terhadap 1.651 inovasi pelayanan publik dan menyerahkan hasil penilaian kepada Tim Panel Independen. Rapat pleno Tim Panel Independen kemudian memilih Top 99 Inovasi Pelayanan Publik.

Top 99 Inovasi Pelayanan Publik ini kemudian akan diseleksi lagi menjadi Top 40. Seleksi dilakukan dengan cara wawancara dan presentasi dari para inovator di hadapan Tim Panel Independen. Dijelaskan, penyelenggaraan KIPP merupakan bagian dari strategi menumbuhkan inovasi pelayanan publik sebagai salah satu bentuk pembinaan inovasi pelayanan publik dalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik guna mendukung kebijakan reformasi birokrasi.

TAGS : Top 99 Inovasi pelayanan publik




TERPOPULER :