Sabtu, 20/04/2024 10:57 WIB

AS Hapus Tarif Aluminium Kanada dan Meksiko

Para pejabat dari AS dan Kanada mengatakan mereka telah sepakat untuk menghapus tarif dalam waktu 48 jam.

Buruh sedang bekerja diperusahaan baja di Shanghai (Foto: Reuters)

Washington, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) menghapus tarif baja dan aluminium di Kanada dan Meksiko, dengan imbalan, kedua negara tersebut menghapus tarif pembalasan yang dikenakan pada produk AS.

Dalam pernyataan bersama pada Jumat (17/5) waktu setempat, para pejabat dari AS dan Kanada mengatakan mereka telah sepakat untuk menghapus tarif dalam waktu 48 jam.

Sumber di AS dan Kanada mengatakan kepada kantor berita Associated Press, pemerintah Trump juga telah mencapai kesepakatan untuk menghapus tarif yang sama dari Meksiko.

Perjanjian tersebut menghilangkan titik pahit dalam hubungan dan rintangan besar bagi berlalunya pakta baru untuk menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA), yang dimulai dari 1994.

Upaya untuk mengangkat tarif logam telah dikaitkan dengan ratifikasi Perjanjian AS, Meksiko dan Kanada (USMCA), yang dirancang untuk menggantikan NAFTA yang berusia 25 tahun dan ditandatangani para pemimpin tiga negara pada 30 November.

Legislatif di AS, Kanada dan Meksiko masih perlu menyetujui perjanjian sebelum dapat berlaku. Beberapa anggota parlemen utama AS mengancam akan menolak pakta tersebut kecuali jika tarifnya dihapus. Sementara Kanada mengatakan tidak akan meratifikasi kesepakatan apa pun ketika tarif masih berlaku.

Presiden AS Donald Trump mengenakan tarif 25 persen untuk impor baja dan 10 persen untuk impor aluminium.

Perjanjian baru itu berupaya mencegah impor baja dan aluminium yang murah dari jalur Amerika Utara. Sejak dulu China dituding membanjiri pasar dunia dengan logam bersubsidi, menurunkan harga dunia dan melukai produsen AS.

Berselisih dalam sengketa perdagangan yang luas dengan China, membuat AS mengangkat pajak impor pada baja serta aluminium Kanada dan Meksiko dan juga menunda tarif mobil yang akan merugikan Jepang dan Eropa.

KEYWORD :

Tarif Baja Amerika Serikat Uni Eropa Jepang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :