Jum'at, 19/04/2024 03:51 WIB

Wings Air Terbang Komersial di Bandara M Taufik Kiemas Mulai 25 Mei

Sejumlah kru Wings Air berpose usai uji coba penerbangan di Bandara M Taufik Kiemas, Lampung, Selasa (14/5/2019).

Jakarta, Jurnas.com – Maskapai penerbangan Lion Group, Wings Air, akan memulai melayani penerbangan komersial perdananya dari dan ke Bandara M Taufik Kiemas (KXI), Lampung, 25 Mei 2019.

Rencana tersebut terungkap setelah Wings Air melakukan uji terbang di bandara yang terletak di Pekon Serai Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, kemarin.

“Berdasarkan informasi yang diperoleh, pihak Lion Group akan melakukan penerbangan komersial dimulai pada 25 Mei mendatang. Jadi sebelum Lebaran sudah beroperasi melayani penerbangan komersial,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana Banguningsing Pramesti di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Saat uji coba penerbangan, pesawat Wings Air dengan tipe ATR 72-600 Reg PK-WGU dengan membawa 4 kru, meliputi dua flight operasional officer (FOO),  Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Radin Inten II Asep Kosasih dan perwakilan Otoritas Bandar Udara Wilayah I, terbang awal dari Tanjung Karang ke Krui.

“Saya mengapresiasi dengan kesuksesan uji coba pesawat Wings Air di Bandar Udara M Taufik Kiemas. Upaya ini dilakukan agar pelayanan masyarakat yang ingin terbang ke daerah Tanjung Karang ke Krui dapat terlayani dengan baik, serta diharapkan mampu mendorong pengembangan daerah sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru,” tutur Polana.

Lebih lanjut dia mengatakan,  bahwa dengan dibukannya rute baru Wings Air, akan memberikan lebih banyak opsi moda transportasi udara dari dan ke Kabupaten Tanjung Krui lebih cepat dan efisien. Tidak hanya itu, Dirjen Hubud selalu mengingatkan tentang pentingnya keselamatan, keamanan dan pelayanan serta tunduk dalam aturan yang berlaku.

“Peraturan ini berlaku untuk semua pihak, mulai dari UPBU, OBU, maskapai untuk memperioritaskan dan selalu berpedoman pada prinsip 3S +1 C yaitu Safety, Security, Services dan Compliance,” tegas Polana.

Terpisah, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Silampari Rudi Pitoyo mengatakan, dengan adanya penerbangan di Krui akan membuka konektivitas transportasi udara yang tidak hanya di Kabupaten Krui melainkan  dibeberapa wilayah yang secara geografis berdekatan dan berada di sekitarnya.

“Diharapkan penerbangan ke Krui akan berjalan berkesinambungan dan dapat mendorong pertumbuhan tidak hanya di sektor transportasi tapi sektor-sektor lainnya terutama potensi pariwisata di Krui yang masuk dalam skala internasional,” katanya.

Perlu diketahui, Krui dikenal salah satu lokasi paling terkenal di kalangan peselancar. Kawasan ini juga pernah menjadi tuan rumah bagi kompetisi kejuaraan selancar internasional.

KEYWORD :

Wings Air Bandara M Taufik Kiemas Dirjen Hubud Polana




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :