Selasa, 18/06/2019 01:46 WIB

Kementan Pastikan Stok Pangan Aman Selama Ramadhan dan Lebaran

Stok pangan di bulan ramadan hingga menjelang lebaran dinyatakan aman oleh Kementrian Pertanian dalam forum diskusi FMB.

Diskusi di Forum Merdeka Barat 9 di Gedung Kominfo terkait pangan. (Foto : Jurnas/Ginting).

Jakarta, Jurnas.com- Stok pangan selama bulan ramadhan hingga hari raya Idul Fitri mendatang sudah dipastikan aman dan terkendali. Hal itu disampaikan oleh Kementerian Pertanian (Kementan), melalui oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi.

Menurut Agung Hendriadi di diskusi publik bertema “Pengendalian Bahan Pangan” yang digelar oleh Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Gedung Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (13/5/2019), stok pangan selama ramadan dan jelang lebaran aman dan harganya pun tidak akan menekan konsumen.

Dikatakan Agung, pihaknya telah berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lain sehingga keberadaan pangan di pasar aman terkendali. Bulan ramadhan dan lebaran merupakan peristiwa tahunan yang sudah diprediksi, karena itu Kementan bekerjasama dengan instansi kementerian terkait berupaya untuk menjaga stok pangan dengan menyiapkannya empat hingga enam bulan sebelumnya.

Selain itu, Kementan juga menjalin kerjasama dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memperlancar  angkutan logistik untuk kebutuhan selama bulan puasa.

Dengan demikian diharapkan harga harga kebutuhan pokok yang diperlukan selama ramadan dan lebaran menjadi stabil.

"Insya Allah aman dan stabil dan harganya pun tidak sampai menekan dan merugikan konsumen, dan tahun ini tidak ada gejolak harga yang berlebihan, memang sempat naik sedikit untuk komoditas cabai di bulan April, karena belum panen", ucapnya.

Hadir dalam kesempatan antara lain, Sekjen Departemen Perdagangan Karyanto Suprih dan Direktur Pengadaan Perum Bulog Bachtiar.

TAGS : Kementan Agung Pangan




TERPOPULER :