Sabtu, 20/04/2024 18:32 WIB

PBB Tetapkan Pemimpin Organisasi JeM sebagai Kelompok Teroris Internasional

Di bawah keputusan itu, Azhar, yang dianggap sebagai pendiri JeM, akan dikenakan pembekuan aset, larangan global, dan embargo senjata.

Demonstran India menginjak poster kepala kelompok Jaish-e-Muhammad, Masood Azhar, pda bulan Februari (Foto: Francis Mascarenhask / Reuters)

New York, Jurnas.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan, Masood Azhar, pemimpin kelompok bersenjata yang bermarkas di Pakistan, sebagai kelompok teroris internasional, Rabu (1/5).

Kebijakan itu diambil setelah China mencabut keberatannya terhadap langkah tersebut.

Komite sanksi PBB tentang Negara Islam Irak dan Levant (ISIL atau ISIS) dan al-Qaeda mengumumkan dalam siaran persnya bahwa Azhar - kepala Jaish-e-Muhammad (JeM) memiliki hubungan dengan Qaeda.

JeM mengaku bertanggung jawab atas serangan 14 Februari di wilayah Himalaya, Kashmir yang menewaskan 40 tentara India dan memicu kontak senjata antara India dan Pakistan.

Sebelumnya, China mencekal tiga upaya komite sanksi untuk memasukkan Azhar ke daftar hitam dan melakukan penahanan teknis atas permintaan keempat dari Inggris, Prancis dan Amerika Serikat pada bulan Maret.

Azhar mendirikan JeM pada tahun 2000 setelah dibebaskan dari penjara India dengan imbalan 155 sandera dari pesawat Indian Airlines yang dibajak. JeM sendiri telah masuk dalam daftar "teroris" PBB sejak 2001.

Di bawah keputusan itu, Azhar, yang dianggap sebagai pendiri JeM, akan dikenakan pembekuan aset, larangan global, dan embargo senjata.

Komite sanksi menuduh Azhar terlibat dalam pembiayaan, perencanaan, memfasilitasi, mempersiapkan, atau melakukan tindakan atau kegiatan" yang dilakukan JeM.

Para diplomat PBB mengatakan permintaan itu kembali diajukan ke komite dan China tidak menentang langkah itu untuk memasukkan daftar hitam Azhar.

KEYWORD :

Teroris Internasional Jaish-e-Muhammad Masood Azhar Pakistan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :