Selasa, 16/07/2019 12:58 WIB

Ratusan Pemukim Yahudi Rayakan Paskah di Masjid al-Aqsa

Selama sepekan terakhir, lebih dari 700 pemukim memaksa masuk kompleks al-Aqsa.

Bendera Israel berkibar di depan Kubah masjid Shakhrah dan kota Yerusalem (AFP/Thomas Coex)

Yerusalem, Jurnas.com – Ratusan pemukim Yahudi memaksa masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur pada Selasa untuk merayakan Hari Paskah Yahudi (Pesakh).

"Lebih dari 237 pemukim Yahudi menyerbu kompleks itu untuk perayaan Paskah," ungkap Firas al-Dibs, juru bicara Otoritas Wakaf Keagamaan Yerusalem, kepada Anadolu Agency.

Menurut dia, para pemukim memasuki situs tersebut di bawah perlindungan puluhan polisi Israel.

Al-Dibs menyebutkan bahwa sejak perayaan Pesakh dimulai pekan lalu, lebih dari 700 pemukim memaksa masuk ke kompleks al-Aqsa.

Pesakh, yang menandai keluarnya orang-orang Israel dari Mesir di bawah pimpinan Nabi Musa, dianggap sebagai salah satu hari libur paling penting dalam kalender Yahudi.

Tahun lalu, lebih dari 1.500 pemukim memaksa masuk ke kompleks Al-Aqsa selama Pesakh.

Bagi umat Islam, al-Aqsa merupakan situs paling suci ketiga di dunia. Sementara itu, orang-orang Yahudi menyebut area itu sebagai "Gunung Kuil", dengan mengklaim bahwa situs tersebut adalah area bekas dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur selama Perang Timur Tengah 1967, sebelum akhirnya menduduki seluruh wilayah kota pada 1980 dan mengklaimnya sebagai ibu kota negara Yahudi. (Anadolu)

TAGS : Pemukim Yahudi Masjid al-Aqsa Paskah Yahudi




TERPOPULER :