Senin, 27/05/2019 08:04 WIB

KTT Irak Pertemukan Saudi dan Iran

Pertemuan puncak yang diselenggarakan oleh Irak mempertemukan Arab Saudi dan Iran, guna menjembatani hubungan dan berinvestasi di Irak.

Bendera kebangsaan Iran (Foto: AFP)

Baghdad, Jurnas.com - Pertemuan puncak yang diselenggarakan oleh Irak mempertemukan Arab Saudi dan Iran, guna menjembatani hubungan dan berinvestasi di Irak.

Dilansir dari Associated Press, Ketua Parlemen Irak Mohamed al-Halbousi sedang menuju KTT satu hari antara Irak dan enam tetangganya, yakni Suriah, Arab Saudi, Iran, Turki, Yordania, dan Kuwait.

KTT itu menggarisbawahi pergeseran ke kebijakan luar negeri Irak, menempatkan negara itu sebagai perantara antara negara-negara tetangga yang sering berselisih tentang masalah-masalah berat, seperti perang saudara di Suriah, dan sanksi AS terhadap Iran.

Para pemimpin Irak telah menekankan kedaulatan Irak sejak pemilihan tahun lalu, dan mereka mengatakan penting bagi keamanan dan ekonomi Irak untuk mengembangkan hubungan baik dengan para tetangga.

Negara ini mencari miliaran dolar dalam bantuan dan investasi untuk membantunya membangun kembali setelah 15 tahun perang.

TAGS : KTT Irak Arab Saudi




TERPOPULER :