Jum'at, 19/04/2024 21:46 WIB

PSG Buka Donasi untuk Restorasi Katedral Notre-Dame

Mahakarya berusia 850 tahun itu mengalami rusak parah. Kepolisian setempat menyatakan bahwa penyebab kebakaran adalah sebuah kecelakaan.

Gereja Katedral Notre-Dame (Foto: Reuters)

Paris, Jurnas.com – Raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) akan membuka penggalangan dana untuk membantu pemulihan gereja katedral Notre Dame, yang dilanda kebakaran pada Senin (15/4) malam.

Mahakarya berusia 850 tahun itu mengalami rusak parah. Kepolisian setempat menyatakan bahwa penyebab kebakaran adalah sebuah kecelakaan.

Dalam pantauan media, atap Notre-Dame sebagian besar hancur dan menaranya runtuh. Petugas pemadam kebakaran berjibaku selama 15 jam, sebelum akhirnya berhasil memadamkan api yang melalap bangunan.

“Setelah kebakaran yang menghancurkan bagian dari Katedral Notre Dame de Paris, Paris Saint-Germain berbagi emosi yang sangat besar dari semua warga Paris, orang-orang Prancis dan orang-orang di seluruh dunia yang telah terkejut dan sedih dengan bencana ini,” demikian pernyataan klub di laman resmi.

“Klub telah mulai menyatukan semua pemangku kepentingan utama, mitra utama dan komunitas penggemar yang luas baik di Paris maupun di luar negeri, yang bertujuan untuk memulai atau berpartisipasi dalam serangkaian inisiatif seperti acara penggalangan dana yang akan menjadi bagian dari kampanye luar biasa untuk membangun kembali katedral di tahun-tahun berikutnya,” lanjutnya.

Paris Saint-Germain juga ingin mengungkapkan kekaguman dan solidaritasnya terhadap Paris Fire Brigade, yang komitmen dan keberaniannya memungkinkan untuk mengatasi api dan membatasi tingkat kerusakan. Klub juga akan memberikan dukungan kepada petugas pemadam kebakaran.”

Ligue de Football Professionnel (LFP) Prancis juga berniat untuk memberikan dukungan keuangan untuk upaya perbaikan.

“Ini adalah bantuan bahwa kami akan berkoordinasi dengan semua pemain di sepakbola Prancis,” kata presiden LFP Nathalie Boy de la Tour.

KEYWORD :

Kebakaran Notre-Dame Paris Prancis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :