Sabtu, 20/04/2024 03:37 WIB

Karya Seni Notre-Dame Dipindahkan ke Museum Louvre

Franck Riester mengatakan karya seni Notre-Dame akan dipindahkan sementara ke Museum Louvre, pada Selasa (16/4).

Katedral Notre Dame di Paris terbakar

Paris, Jurnas.com – Menteri Kebudayaan Prancis Franck Riester mengatakan karya seni Notre-Dame akan dipindahkan sementara ke Museum Louvre, pada Selasa (16/4).

Karya seni termasuk mahkota duri Kristus dan tunik abad ke-13 Saint-Louis, sempat dibawa ke balai kota, dan akan dipindahkan kembali ke Museum Louvre yang lokasinya masih berdekatan, sebagaimana diwartakan Reuters.

Diketahui sebelumnya, kebakaran besar melanda Katedral Notre Dame Paris ketika gedung bersejarah tersebut sedang menjalani renovasi, pada Senin (15/4) malam.

Kebakaran meruntuhkan menara katedral dan menyebar ke salah satu menara persegi panjang. Kepala pemadam kebakaran Paris Jean-Claude Gallet mengatakan, struktur gereja telah diselamatkan setelah petugas pemadam kebakaran berhasil menghentikan api yang menyebar ke menara lonceng.

Katedral yang dibangun pada abad ke-12 adalah rumah bagi karya seni yang tak terhitung nilainya, dan merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di dunia, yang diabadikan oleh novel Victor Hugo 1831 dalam novel "The Hunchback of Notre Dame".

Penyebab pasti dari kebakaran itu tidak diketahui, tetapi media Prancis mengutip brigade pemadam kebakaran Paris yang mengatakan kebakaran itu "berpotensi terkait" dengan proyek renovasi 6 juta euro (US$6,8 juta), pada menara gereja dan 250 ton timah.

KEYWORD :

Kebakaran Notre-Dame Paris Prancis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :