Kamis, 25/04/2024 21:39 WIB

Presiden Sementara Aljazair Diminta Mundur

Bersama dengan Bensalah, para pengunjuk rasa menyerukan semua elit politik, termasuk kepemimpinan militer Aljazair, untuk mengakhiri kekuasaan mereka pada kekuatan negara Afrika Utara

Para pemrotes Aljazair bentrok dengan polisi anti huru hara selama protes terhadap Presiden interim Abdelkader Bensalah di Aljir, Aljazair, Jumat. Foto oleh Mohamed Messara / EPA-EFE

Jakarta, Jurnas.com - Kurang dari dua minggu setelah Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika mengundurkan diri, ratusan ribu pengunjuk rasa berdemonstrasi di jalan-jalan Jumat meminta pengunduran diri pemimpin sementara Abdelkader Bensalah.

Bersama dengan Bensalah, para pengunjuk rasa menyerukan semua elit politik, termasuk kepemimpinan militer Aljazair, untuk mengakhiri kekuasaan mereka pada kekuatan negara Afrika Utara.

Bentrokan terjadi antara demonstran dan polisi, dengan petugas menembakkan tabung air mata ke arah kerumunan, kata saksi mata kepada The Washington Post. Tetapi, layanan pers Aljazair milik negara mengatakan demonstrasi sebagian besar damai melalui ibukota Algiers.

Protes pertama kali meletus setelah pengumuman Presiden Bouteflika pada akhir Februari bahwa ia akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kelima.

Bouteflika yang berusia 82 tahun, yang telah memegang erat pemerintahannya sejak 1999, mengundurkan diri pada 2 April , setelah kepala militer Aljazair mengatakan akan mengejar prosedur konstitusional untuk menyatakan presiden yang sakit tidak layak memerintah.

Meskipun Bouteflika mengundurkan diri, protes tetap ada karena publik khawatir pemerintahan negara itu hanya akan beralih ke anggota lain dari rezim yang sama, dan penunjukan Bensalah tidak banyak meredakan kekhawatiran tersebut karena ia menjabat sebagai ketua dewan di bawah Bouteflika.

KEYWORD :

Presiden Aljazair Abdelkader Bensalah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :