Minggu, 15/09/2019 12:31 WIB

Suwandi: Kalau Importir Mangkir Tinggal Blacklist Aja

Wandi, begitu Suwandi disapa, merasa miris banyaknya pengamat yang belum mengetahui situasi di lapangan lalu ikut berkelakar seolah-seolah paham

Dirjen Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi tampak sumringah memegan bawang merah (Foto: Ist)

Ciamis, Jurnas.com - Kementerian Pertanian (Kementan) membantah tudingan yang menyebut hingga saat ini tidak ada importir yang menjalankan wajib tanam bawang putih sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian No. 38 Tahun 2017 jo. 24 Tahun 2018.

"Hoaks itu. Semua Importir melakukan wajib tanam. Jika ada yang mangkir wajib tanam kami langsung blacklist," tegas Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi kepada Jurnas.com di sela acara Apresiasi dan sinkronisasi Program Kementerian Pertanian 2019 di Ciamis, Jawa Barat, Jumat (22/3).

Wandi, begitu Suwandi disapa, merasa miris banyaknya pengamat yang belum mengetahui situasi di lapangan lalu ikut berkelakar seolah-seolah paham. Ia pun mengimbau pengamat turun langsung melihat situasi yang sebenarnya.

"Jadi nggak benar itu. Mereka (pengamat) nggak ngerti lapangan. Kasian saya, perlu kita ajak kelapangan melihat sendiri dan meralat. Semua ada datanya," tegas Wandi.

Wandi mencatat, realisasi tanam importir mencapai 5.934 hektar yang tersebar mulai dari Aceh Tengah, Karo, Solok, Kerinci, Cianjur, Majalengka, Brebes, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Tegal, Karanganyar, Pasuruan, Malang, Kota Batu, Probolinggo, Banyuwangi, Lombok Timur, NTT hingga Minahasa Selatan.

"Dari sekian banyak importir, hanya 25 saja yang mangkir dari kewajiban. Itupun sudah di blacklist serta tidak akan kami layani pengajuan rekomendasi impornya. Pastinya sudah diaporkan juga ke Satgas Pangan untuk ditindaklanjuti," jelasnya.

Kemudian, Wandi, menjelaskan bahwa kondisi bawang putih saat ini sedang membaik. Produksi benih yang ditanam tahun lalu, kini sudah bisa dijadikan benih untuk tahun ini dan tahun berikutnya.

"Jadi produksi sekarang semua dijadikan benih. Jadi ingat, tidak ada lagi impor bibit. Kalaupun ada impor itu hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri. Untuk benih sudah tidak ada lagi impor," pungkas Wandi.

TAGS : Importir Bawang Wajib Tanam Bawang Putih




TERPOPULER :