Jum'at, 26/04/2024 18:22 WIB

Polri: Praktik "Road Safety" Butuh Kepekaan

Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Brigjen Pol Chryshnanda DL mengatakan, keamanan berkendara atau road safety masih menjadi isu lalu lintas di dunia.

Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri Brigjend Pol. Chryshnanda DL

Jakarta, Jurnas.com – Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Brigjen Pol Chryshnanda DL mengatakan, keamanan berkendara atau road safety masih menjadi isu lalu lintas di dunia. Dan pada praktiknya membutuhkan kepekaan dan kepedulian.

“Road safety humanis adalah refleksi peradaban yang sadar, peka, dan peduli bahwa manusia sebagai aset utama bangsa,” kata Chryshnanda pada Jumat (15/2) di Jakarta dalam keterangannya kepada Jurnas.com.

Chryshnanda mengatakan, seluruh negara di dunia memiliki masalah yang sama, dan sedang berupaya mengimplementasikan road safety dengan berbagai cara serta variasi.

Pasalnya, kata Chryshnanda, road safety merupakan refleksi budaya bangsa yang menunjukkan tingkat peradabannya. Bangsa beradab dibangun atas kesadaran tanggung jawab dan disiplin.

Gerakan ini juga telah mendunia seiring dengan perhatian dunia internasional terhadap permasalahan keselamatan jalan, yang dalam lingkup internasional sering dikenal sebagai Global Road Safety Partnership (GRSP).

“Segala upaya yang mencakup engineering, edukasi, penegakkan hukum dengan berbagai sistem pendukung lainnya adalah untuk mewujudkan lalu lintas yang aman selamat tertib dan lancar,” terang dia.

Ia menyebut, jika lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar dikerjakan secara profesional, maka akan terintegrasi menuju big data untuk pelayanan prima satu pintu (one gate service).

Adapun untuk mencapai hal itu, setidaknya dibutuhkan penjabaran dalam mengimplementasikan manajemen kebutuhan, manajemen kapasitas, manajemen prioritas, manajemen kecepatan, dan manajemen emergency.

“Mengimplementasikan road safety dituntut profesional cerdas bermoral dan dan modern. Profesionalisme di bidang road safety dibangun dengan berbasis kompetensi, dilandasi SOP yang baik dan benar dengan SDM berkarakter,” tandas Chryshnanda.

KEYWORD :

Road Safety Keamanan Berkendara Brigjen Chryshnanda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :