Sabtu, 14/12/2019 10:53 WIB

Fahri: Politik dan Ekonomi Jangan Ganggu Komitmen Terhadap BNPP

Komitmen pemerintah terhadap Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau dikenal Badan SAR Nasional (Basarnas) diminta tidak terganggu oleh situai politik dan ekonomi negara.

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah saat mengunjungi kantor BNPP

Jakarta - Komitmen pemerintah terhadap Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau dikenal Badan SAR Nasional (Basarnas) diminta tidak terganggu oleh situai politik dan ekonomi negara.

Permintaan itu disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, saat mengunjungi Gedung Basarnas, Jakarta, Kamis (7/2). Menurutnya, pemerintah harus tetap memberikan perhatian secara serius terhadap BNPP.

"Lepas dari kondisi politik dan ekonomi, karena ini (Basarnas) adalah lembaga yang sangat penting dalam kebencanaan," kata Fahri.

Fahri berserta rombongan diterima oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito dan jajarannya. Sedangkan pertemuan dimaksudkan untuk membahas penyelamatan bencana yang kerap terjadi di Indonesia.

Terkait kunjungannya ke Basarnas, Fahri selaku Ketua Tim Pengawasan (Timwas) Penanggulangan Bencana Nasional DPR menjelaskan, kunjungannya untuk menguatkan koordinasi terkait penanganan bencana di Indonesia.

"Basarnas ini juga harus terintegrasi dengan lembaga lain, seperti TNI, Polri, kepada elemen masyarakat, dan bahkan nanti harus ada dalam kurikulum kita peran dari Pramuka. Lalu diujung ada BNPB yang lebih permanen kerjanya dalam jangka panjang," katanya.

Fahri berharap, lembaga kemanusiaan harus terintegrasi dalam satu tugas yang membuat semakin solid ke depannya.

"Itu tujuan kita nanti, dan mudah-mudahan hasil pengawasan kita (DPR RI) bisa mendatangkan rekomendasi penyempurnaan, baik regulasinya maupun lembaganya ke depan," tambah Fahri.

TAGS : Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah Basarnas




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :