Senin, 13/07/2020 02:04 WIB

Turki: Sudah Saatnya Penyelidikan Bertindak atas Pembunuhan Khashoggi

Pelapor khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk kasus tersebut akan mengunjungi Ankara dalam waktu dekat.

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Osman Orsal/Reuters)

Ankara - Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, mengatakan, sudah saatnya penyelidikan internasional bertindak atas pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi.

Dilansir dari Al Jazeera, Ia juga mengatakan, pelapor khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk kasus tersebut akan mengunjungi Ankara dalam waktu dekat.

Dalam sebuah wawancara dengan penyiar Turki, Cavusoglu mengataka,n Presiden Recep Tayyip Erdogan sudah memerintahkan persiapan yang harus dilakukan untuk membawa kasus ini ke tingkat internasional.

Sementara itu, berbicara di Forum Ekonomi Dunia di Davos pada Kamis (24/1), Menteri Keuangan Saudi, Mohammed Al-Jadaan, mengatakan, Riyadh akan memastikan keadilan akan menang dalam persidangan Khashoggi di negaranya.

Khashoggi, seorang kritikus Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) yang menulis untuk The Washington Post, dibunuh oleh pasukan pembunuh Saudi pada 2 Oktober tak lama setelah memasuki konsulat negaranya di Istanbul.

Tubuhnya dimutilasi di dalam gedung di tempat yang disebut Turki sebagai pembunuhan berencana yang didalangi dengan perintah dari tingkat tertinggi pemerintah Saudi.

Para pejabat Saudi telah membantah klaim itu, bersikeras Khashoggi tewas dalam "operasi jahat" setelah awalnya mengklaim telah meninggalkan konsulat sebelum menghilang.

Meskipun kedua negara sudah melakukan supenyelidikan bersama di Istanbul, kediaman konsul dan beberapa lokasi lainnya, keberadaan jasad Khashoggi masih belum diketahui.

TAGS : Jamal Khashoggi Arab Saudi Turki




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :