Selasa, 24/09/2019 02:38 WIB

Korsel dan Korut Kembali Gandengan Tangan di Olimpiade

Korea Utara dan Korea Selatan berencana untuk membahas bersama co-hosting Olimpiade Musim Panas 2032 dengan Komite Olimpiade Internasional pada 2019 mendatang.

Warga Korsel dan Korut bersama (foto: UPI)

Jakarta - Korea Utara dan Korea Selatan berencana untuk membahas bersama co-hosting Olimpiade Musim Panas 2032 dengan Komite Olimpiade Internasional pada 2019 mendatang.

Seoul Pyongyang News dan layanan berita lainnya melaporkan bahwa kedua Korea akan menjadi tuan rumah sebuah forum pada 2032 Summer Games pada 15 Februari, di Lausanne, Swiss.

Tim Utara dan Selatan berencana juga akan bersama di Tokyo Paralympics dan Summer Games 2020 yang juga sedang dieksplorasi, menyusul pertemuan pejabat Utara dan Selatan di kantor hubungan antar-Korea di Kaesong, Korea Utara.

Roh Tae-gang, wakil menteri budaya, olahraga dan pariwisata Korea Selatan, dan Won Gil U dari Korea Utara memimpin pertemuan pada Jumat, yang diadakan setelah diskusi awal mengenai Olimpiade 2032 pada 2 November.

Kedua Korea sepakat untuk mengirim surat yang ditandatangani bersama ke IOC, menandakan niat mereka untuk menjadi tuan rumah 2032 Summer Games. Kedua pihak juga membahas hal-hal praktis terkait dengan pelatihan bersama dan pembentukan satu tim Olimpiade untuk Olimpiade 2020 di Tokyo.

Pertukaran budaya dan olahraga secara historis memainkan peran penting dalam mengurangi beberapa ketegangan di semenanjung. Pembicaraan terakhir terjadi ketika Korea Selatan dan Amerika Serikat kembali gagal mencapai konsensus tentang pembagian beban militer untuk pasukan AS di semenanjung itu.

Kementerian luar negeri Korea Selatan mengatakan, pembicaraan hari Jumat untuk Perjanjian Tindakan Khusus yang diadakan pekan ini berakhir tanpa kesepakatan.

Seorang pejabat diplomatik Korea Selatan mengatakan, sementara kesepakatan dicapai pada "sebagian besar barang," kesepakatan akhir tentang kontribusi Korea Selatan terhadap pasukan AS belum dinegosiasikan.

TAGS : Korea Selatan Korut Olimpiade Tokyo




TERPOPULER :