Senin, 22/07/2019 17:18 WIB

Strategi Alibaba Meraup Yuan

Raksasa e-commerce Alibaba Group kini menyediakan pelanggan dengan beragam diskon offline melalui layanan yang baru dibentuk.

Big Bos Alibaba, Jack Ma

Beijing - Satu bulan setelah memanjakan para pemburu barang murah online melalui gala belanja Singles Day (Hari Jomblo), raksasa e-commerce Alibaba Group kini menyediakan pelanggan dengan beragam diskon offline melalui layanan yang baru dibentuk.

Koubei, ulasan restoran dan layanan aplikasi Alibaba, dan layanan pengiriman makanan Ele.me akan memberikan diskon 50 persen pada menu pilihan di lebih dari dua juta pedagang pada 12 Desember.

Cara ini merupakan kampanye yang diciptakan Alibaba sejak lima tahun lalu untuk mempromosikan penggunaan pembayaran seluler pada makan, hiburan dan rumah sakit lainnya.

Dengan mengunduh aplikasi seluler Koubei dengan nama yang sama, pencinta gourmet akan mengambil kupon virtual yang memberikan diskon 50 persen, dari kentang goreng hingga es krim Dairy Queen. Pengguna juga dapat menikmati diskon ekstra dengan pembelanjaan minimal 20 yuan (USD2,9).

Sejak 1 Desember, pengguna Koubei bisa mendapatkan kupon senilai 40 yuan saat masuk ke aplikasi selama periode promosi. Pengguna yang masuk ke aplikasi selama 12 hari berturut-turut dapat menikmati hadiah 75 yuan untuk digunakan saat transaksi, 12 Desember.

Sebagai pendatang baru untuk promosi, Ele.me menarik konsumen melalui kampanye mengambil paket virtual merah yang dapat ditukarkan dalam pembelian nanti.

"Dari awal kampanye 12 Desember, kami berhasil menjembatani transaksi offline dengan pembayaran digital. Lima tahun kemudian, kami bertujuan mengubah seluruh pasar layanan lokal dengan mendigitalkan `orang, barang dagangan dan skenario belanja`", kata wakil presiden Alibaba Fan Chi.

Fan mengatakan seluruh sektor jasa lokal yang masih jauh dari digitalisasi, meninggalkan ruang besar untuk analisis data dan merchandising pintar untuk memainkan peran meningkatkan efisiensi operasi dan profitabilitas segmen.

Perusahaan telah memperkenalkan sejumlah solusi yang didukung data, mulai dari mesin swalayan hingga sistem pre-order untuk meningkatkan industri yang secara tradisional telah dijalankan melalui intuisi.

Untuk memastikan pengalaman yang mulus, Cainiao Logistics Alibaba akan menyediakan pengiriman makanan sehari-hari yang sama di delapan kota termasuk Shanghai, Chengdu dan Shenzhen, selama pelanggan memesan sebelum jam 10 pagi.

"Penggunaan analisis data besar memungkinkan kurir untuk memprediksi dan menentukan kebutuhan pengiriman dan memaksimalkan efisiensi pengiriman," kata Cainiao.

TAGS : Alibaba Diskon Bersar Belanja Offline




TERPOPULER :