Senin, 10/12/2018 16:00 WIB

Senator Berbagai Partai AS Keluarkan Resolusi Tahan Putra Mahkota Saudi

Senator memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi bahwa Mohammed bin Salman

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (Foto: Cliff Owen/Associated Press)

Washington - Enam senator Amerika Serikat (AS) dari berbagai partai mengeluarkan resolusi untuk menahan putra mahkota Saudi yang bertanggung jawab atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Proposal, yang dikluarkan pada Kamis (6/12) itu menyebutkan, Senat memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi bahwa Mohammed bin Salman "terlibat dalam pembunuhan itu".

Jika disetujui oleh Senat, secara resmi akan mengutuk Pangeran Mohammed, yang juga dikenal sebagai MBS, atas pembunuhan Khashoggi di konsulat kerajaan di kota Istanbul Turki pada bulan Oktober.

"Resolusi ini secara definitif menyatakan, putra mahkota Arab Saudi terlibat dalam pembunuhan Khashoggi dan menjadi bola yang merusak wilayah yang membahayakan kepentingan keamanan nasional kami di berbagai bidang," kata Lindsey Graham, senator Partai Republik dan sekutu dekat Presiden Donald Trump dalam sebuah pernyataan.

Langkah para senator AS datang ketika jaksa kepala Istanbul mengajukan surat perintah penangkapan seorang pembantu utama ke MBS dan wakil kepala intelijen luar negeri kerajaan karena dicurigai merencanakan pembunuhan kritikus Arab Saudi dan Putra Mahkota.

Arab Saudi mengatakan putra mahkota tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang pembunuhan itu. Setelah menawarkan banyak penjelasan yang kontradiktif, Riyadh akhirnya mengakui, Khashoggi dibunuh di dalam konsulat dan dimutilasi.

TAGS : Jamal Khashoggi Arab Saudi Senator Amerika Serikat




TERPOPULER :