Minggu, 21/04/2019 09:37 WIB

Tak Ada Kepastian AS , Korea Utara Uji Coba Senjata Baru

Kim  memeriksa pengembangan senjata strategis negara terbaru di fasilitas uji dari lembaga ilmu pertahanan nasional. Meski begitu belum dijelaskan jenis atau nama senjata tersebut.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memandu sebuah kontes yang menargetkan sasaran pasukan operasi khusus Tentara Rakyat Korea (KPA) dalam gambar tak bertanggal ini yang diterbikan KCNA di Pyongyang pada 25 Agustus 2017. (Foto: KCNA via Reuters)

Seoul - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un sedang menyaksikan uji coba senjata strategis yang baru dikembangkan di wilayah tersebut.

Kantor Berita Pusat Korea mengatakan, Kim  memeriksa pengembangan senjata strategis negara terbaru di fasilitas uji dari lembaga ilmu pertahanan nasional. Meski begitu belum dijelaskan jenis atau nama senjata tersebut.

"Saudara Kim Jong Un mengunjungi fasilitas uji lembaga ilmu pertahanan nasional dan menginstruksikan pengujian senjata strategis negara  terebut," katanya.

Laporan itu muncul di tengah kebuntuan pembicaraan denuklirisasi antara Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara. Pertemuan yang dijadwalkan untuk pekan lalu di New York antara Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan rekan Korea Utara ditunda tanpa rencana jelas selanjutnya.

Dalam uji coba tersebut, Kim didampingi  pejabat militer besar, termasuk Choe Ryong-hae, pembantu dekat Kim dan wakil ketua komite pusat Partai Buruh Korea, partai politik yang berkuasa di Korea Utara.

Kim mengatakan, sistem senjata baru lahir setelah bertahun-tahun dikerjakan.

"Para ilmuwan militer dan pekerja kami telah melakukan pekerjaan luar biasa untuk meningkatkan kemampuan pertahanan kami," kata Kim seperti dikutip dalam laporan KCNA.

Kim mengatakan sangat puas dengan perkembangan senjata yang membuat titik balik dalam meningkatkan kekuatan pertahanan negara.

Terakhir kali Kim terlihat menyaksikan uji coba senjata pada November tahun lalu. Saat itu ia sedang melakukan uji coba rudal balistik antar-benua Hwasong-15.

TAGS : Senjata Nuklir Korea Utara Kim Jong Un




TERPOPULER :