Rabu, 12/12/2018 14:19 WIB

Korut Uji Coba Senjata Baru Berteknologi Tinggi

Konon uji coba Korut tersebut dinyatakan berhasil, namun tidak disebutkan jenis perangkat yang terlibat dalam pengujian itu.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong un menyaksikan peluncuran senjata rudal balistik (Foto: Reuters)

Pyongyang – Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un dikabarkan telah mengawasi uji coba peluncuran senjata baru berteknologi. Demikian laporan media pemerintah pada Jumat (16/11), di tengah kenaikan suhu perundingan denuklirisasi.

Kim Jong Un memeriksa pengujian senjata taktis berteknologi canggih, yang baru dikembangkan di Akademik Ilmu Pertahanan Nasional,” kata kantor berita resmi Korut KCNA.

Dilansir dari AFP, konon tes tersebut dinyatakan berhasil, namun tidak disebutkan jenis perangkat yang terlibat dalam pengujian itu.

Penangguhan Pyongyang terhadap uji coba senjata nuklir dan rudal balistik, telah menjadi kunci bagi perkembangan diplomatik tahun ini, dan negosiasi antara Korut-AS.

Menurut AFP, penggunaan kata "taktis" dalam laporan KCNA menunjukkan bahwa tidak ada roket balistik jarak jauh atau perangkat nuklir yang terlibat, dan tidak ada indikasi langsung bahwa tes semacam itu telah terdeteksi oleh Korea Selatan.

Namun dalam menanggapi laporan pertama, Adam Mount dari Federasi Ilmuwan Amerika menulis, “Lubang rasa takut yang Anda rasakan di perut Anda ketika Anda membaca ini adalah pengingat Anda bahwa jeda uji coba rudal DPRK bersifat sukarela, parsial, dan dapat gagal tanpa diketahui jika tidak secara eksplisit dikodifikasikan."

Sementara Pemimpin Kim, pasca uji coba menyatakan sangat puas dengan tes tersebut. Dia mengatakan ini merupakan titik balik yang inovatif dalam memperkuat kekuatan tempur militer Korut.

"Senjata taktis berteknologi tinggi telah dikembangkan selama periode yang panjang, dan membangun pertahanan yang tak tertembus dari negara kami, dan memperkuat kekuatan tempur rakyat kami,” kata Kim.

TAGS : Korea Utara Senjata Nuklir Kim Jong Un Rudal Balistik




TERPOPULER :