Jum'at, 19/04/2024 22:50 WIB

5 Fakta Unik tentang Almarhum Stan Lee

Stan Lee, sosok yang berjasa membesarkan Marvel, meninggal dunia di usia 95 tahun, setelah berjuang melawan penyakit dalam beberapa tahun terakhir.

Stan Lee (Foto: AFP)

Jakarta – Keluarga besar Marvel Comics tengah berdua. Stan Lee, sosok yang berjasa membesarkan Marvel, meninggal dunia di usia 95 tahun, setelah berjuang melawan penyakit dalam beberapa tahun terakhir.

Dikutip berbagai sumber, berikut ini lima fakta unik tentang sosok Stan Lee:

  1. Pencipta superhero Marvel

Tak banyak orang tahu, hampir seluruh superhero di Marvel Comics lahir dari tangan dingin Stan Lee, bekerja sama dengan seniman lainnya termasuk Jack Kirby dan Steve Ditko.

Karyanya yang hingga sekarang dapat dinikmati penggemar Marvel ialah The Hulk, Spider-Man, Iron Man, Thor, Doctor Strange, X-Men, Daredevil, Fantastic Four, Avengers, hingga Ant-Man.

  1. Anak seorang tukang potong pakaian

Sebagai komikus nomor wahid, Stan yang lahir pada 28 Desember 1922, berasal dari keluarga serba pas-pasan. Tinggal di sebuah apartemen kecil yang memiliki satu kamar, Ayah Stan, Jack Lieber bekerja sebagai pemotong pakaian.

  1. Cameo film Marvel

Tanpa disadari, Stan kerap tampil di sebagian besar film superhero Marvel. Namun dalam perannya, Stan lebih memilih mengambil porsi minor sebagai cameo.

Di film The Incredible Hulk (2008) salah satunya, Stan berperan sebagai seorang warga negara yang tanpa sengaja menelan darah Bruce Banner.

Lalu yang terbaru, dia menjadi sopir bus sekolah yang ditumpangi Peter Parker di Spider-Man, saat pulang dari studi tur.

  1. Peraih 10 penghargaan

Bukan hal yang mengherankan bila Stan Lee diganjar sejumlah penghargaan atas dedikasinya untuk Marvel Comics. Tercatat sepanjang hidupnya, Stan meraih 10 penghargaan, di antaranya The Will Eisner Award Hall of Frame (1994), Saturn Award (2002), Scream Award (2009), Producers Guild of America (2012), dan National Academy of Video Game Trade Reviewers (2017).

  1. Pencipta komik DC

Tak hanya lekat sebagai sosok di balik Marvel Comics, Stan Lee rupanya juga dikenal sebagai pembuat komik superhero bagi kompetitor Marvel, DC Comics.

Sejak menulis komik untuk DC pada 2001, karya Stan Lee antara lain: Wonder Woman (2001); Superman, Shazam, Sandman, Catwoman, Aquaman, Robin, Flash, dan Green Lantern.

KEYWORD :

Stan Lee Marvel Comics




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :