Jum'at, 26/04/2024 19:05 WIB

Film "Zharfa" Inspirasi Untuk Penonton Indonesia dan Malaysia

Film bergenre drama religi berjudul

Piet Pagau salah satu bintang dalam film Zharfa. (Foto : Jurnas/Ginting)

Jakarta- Sebuah film yang akan menjadi inspirasi penonton dengan genre drama religi segera hadir. Film yang mengambil judul “Zharfa” ini memiliki pesan positif dan mulia dari dua negara, yakni Indonesia dan Malaysia. Film ini  digarap di Indonesia dan Malaysia, inilah sketsa kehidupan gadis cantik yang ‘terdampar’ di pesantren.  Negeri Jiran Malaysia, menjadi pilihan kolaborasi penggarapan film ‘Zharfa’.

Film ini merupakan karya pertama dari Mr.Rius Production. Alasan menggandeng Malaysia, bukan tanpa sebab. Selain lokasi, para pemeran film ini pun diambil dari dua negara tersebut. Menurut Yudi Pratito, Produser Film, ‘Zharfa’,  negeri Malaysia memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia, plus langgam cengkok melayu yang dilafalkan penduduk negeri itu, menjadi salah satu poin digarapnya film ini.

“Kita serumpun, menarik jika menggabungkan dua kultur negeri tersebut. Bahasanya pun mudah dimengerti, baik oleh kita maupun orang Malaysia,” kata Yudi, di Hard Rock Kafe, Jakarta, Senin (12/11) siang.

Tak sekadar menggandeng pemeran asal Malaysia, film ini juga akan tayang di Malaysia. Artinya, pasar sinema di dua negara, Indonesia dan Malaysia menjadi pilihan bagi hadirnya ‘Zharfa’.  

“Rencananya kita tayang di Indonesia dulu, akhir Januari nanti. Setelah itu baru di Malaysia, pihak di sana juga sudah melihat teaser film kita, jadi sudah oke secara teknis,” tambah Yudi.

Film bergenre drama religi ini, juga mengedepankan pemeran utama dari Malaysia. Dia adalah Kaka Azraff ( pemeran Zharfa)  mendampingi artis film Donny Alamsyah asal Indonesia. Perihal pemilihan bintang utama tadi, menyimpan cerita menarik.  Dikatakan Yudi, Kaka dipilih di penghujung batas waktu, saat para calon pemeran melakukan casting namun tak jua didapat yang pas.

“Akhirnya, Kaka kami audiensi dan cocok,” tegasnya.

Cocok yang dimaksudkan tadi, memang cocok dalam artian sesungguhnya. Kaka yang dikenal sebagai model dan penyanyi, ternyata juga mampu berakting. Lebih menggembirakan lagi, Kaka adalah pribadi yang sederhana dan mau belajar.  

Seperti adegan dirinya dicemplungkan ke bak, menjadi babak baru dalam karir aktingnya dan berhasil dilakoninya dengan baik. Sejujurnya, ini adalah film pertama Kaka  namun dia mampu berakting dengan baik dan hubungan dengan para kru juga terjalin hangat hingga syuting pun menjadi lancar.  

“Di film ini, Kaka memerankan tokoh wanita tomboy. Ia juga keras kepala, berjiwa pemberontak, ia mampu melakoni itu semua dengan maksimal,” papar  Ruli Wanizar yang adalah sutradara film Zharfa ini.

Terakhir, karya layar lebar pertama dari Mr.Rius Production dan juga akting pertama sang pemeran utama, Kaka menjadi pertaruhan bagi film ‘Zharfa’.  Namun optimisme terus bergemuruh menyertai derap semangat lahirnya film yang  juga digarap oleh Ario Sagantoro (The Raid, The Raid 2, Merantau) sebagai Creative Producer.

“Kami PH baru, semoga karya kami bisa diterima masyarakat.  Kami berharap setelah menonton film ini, masyarakat mendapatkan masukan dan manfaat bagi kehidupannya,” tutup Yudi.               

Pemeran di film ini adalah, Kaka Azraff ( Zharfa),  Donny Alamsyah ( Fuqron Ali), Betari Ayu (Aminah),  Benny Ruswandi ( Abdi), Shelomita ( Nadya),  Piet Pagau ( Kyai Soleh), Berlando Deton ( Achmad), Anindi Zharfa ( Zaenab), Dini Fitri ( Umi Zalwa) dan masih banyak lagi.

KEYWORD :

Kabar Artis Zharfa Rius Production




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :