Rabu, 12/12/2018 15:21 WIB

Minyak Dicuri, Produksi Nigeria Merosot

September, produksi minyak mentah dan kondensat Nigeria sekitar 2,158 juta bph.

Kilang minyak (Foto: Shutterstock)

Nigeria - Data dari Kementerian Perminyakan Nigeria menunjukkan, produksi minyak mentah dan kondensat Nigeria mencapai 2,09 juta barel per hari (bpd) pada Oktober, menurun sekitar 70.000 bph dibandingkan September.

Dari catatan kementerian tersebut, pada September, produksi minyak mentah dan kondensat Nigeria sekitar 2,158 juta bph. Penuran itu ulah oknum yang disebut melakukan sabotase pada infrastruktur minyak.

Nigerian National Petroleum Corporation (NNPC) mengatakan, awal bulan ini sabotase pada jaringan pipa minyak sedang meningkat, sementara analis juga memperingatkan, kekerasan dapat kembali dalam industri minyak Nigeria menjelang pemilihan umum pada Februari.

Menteri Perminyakan Nigeria, Emmanuel Kachikwu, mengatakan, produksi minyak mentah dan kondensat Nigeria diperkirakan akan meningkat menjadi 2,2 juta bph pada awal tahun depan, berkat permulaan ladang minyak Egina yang dioperasikan secara maksimal.

"Mudah-mudahan, itu akan mengangkat kita lebih dekat ke 2,15 juta-2,2 juta pada awal tahun depan tanpa pembatasan apapun yang tak terduga," kata Kachikwu, kepada S & P Global Platts awal pekan ini, menambahkan bahwa target produksi jangka panjang negara itu sekitar 2,5 juta bpd.

"Saya pikir Anda bisa melihatnya meningkat hingga 3 juta bpd dalam delapan hingga 10 tahun mendatang," tambahnya, dilansir dari Oil Price.

Kachikwu mengharapkan stabilitas  di sektor minyak Nigeria depan dan selama pemilihan pada bulan Februari.

Menyusul gelombang kekerasan militan pada tahun 2016 dan awal 2017, produksi minyak Nigeria mulai pulih pada paruh kedua tahun 2017, setelah serangan terhadap infrastruktur minyak mereda.

Tahun ini, setelah beberapa kali tersendat-sendat dan pemadaman pipa selama musim semi dan awal musim panas, produksi minyak mentah Nigeria terus meningkat.

Produksi minyak mentah melonjak 74.000 bpd dari level Juli hingga rata-rata 1.722 juta bpd pada bulan Agustus, menurut sumber sekunder OPEC. Pada bulan September, Nigeria mendorong lebih jauh produksi minyak mentahnya, sebesar 26.000 bpd menjadi 1.748 juta bpd.

TAGS : Sabotase Minyak Minyak Nigeria Minyak Mentah




TERPOPULER :