Kamis, 25/04/2024 09:29 WIB

Kurang Aktivitas Fisik Berisiko Penyakit Tidak Menular

Tahukah Anda, jika pola hidup yang tidak sehat menjadi penyebab utama timbulnya berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM). 

Olahraga bisa menghindari Anda dari berbagai penyakit (Foto: Mladensky)

Jakarta - Hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index di 2016/17 mencatat bahwa sebagian besar generasi muda Indonesia belum rutin berolahraga (51 persen), tidur kurang dari 6 jam per hari (34 persen) serta memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat (32 persen).

Jika dibiarkan, kondisi ini dapat memicu kemungkinan timbulnya berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM).

Pola hidup yang tidak sehat menjadi penyebab utama timbulnya berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM), diabetes misalnya. Padahal, penyakit tidak menular sesungguhnya dapat dicegah dengan mengendalikan berbagai faktor risiko, salah satunya dengan rutin melakukan aktivitas fisik.

Dr. Grace Joselini, Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018 mengimbau agar kita meluangkan waktu minimal 30 menit per hari untuk melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang dapat membantu menjaga kesehatan secara umum.

"Sebagai langkah awal, olahraga basic seperti jalan cepat, jogging, serta lari dapat dijadikan pilihan tepat," ujarnya di Jakarta, Kamis (8/11).

Selain mudah dilakukan, olahraga lari khususnya juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina, menurunkan risiko mengidap penyakit, meningkatkan metabolisme tubuh, hingga membantu melepaskan hormon endorfin, yang membuat perasaan menjadi lebih rileks.

Di sisi lain, lari dan gaya hidup sehat tengah menjadi tren tersendiri, yang tentunya baik untuk diterapkan dan perlu diiringi dengan komitmen berkelanjutan

KEYWORD :

Penyakit Tidak Menular Gaya Hidup Sehat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :