Sabtu, 27/04/2024 01:38 WIB

Bawa Barang di Pesawat? Pahami Peraturan Ini Dulu

Tidak asal naik pesawat, Anda juga harus memperhatikan barang-barang apa saja yang boleh masuk dalam bagasi atau kabin.

Ilustrasi bepergian menggunakan pesawat.(Foto : Glamour)

Jakarta - Terkait dengan pemberitaan maskapai penerbangan Sriwijaya Air yang mengangkut durian sebanyak tiga ton, banyak pihak mempertanyakan bagaimana peraturan maskapai jika ada insiden tersebut.

Tahukah Anda, saat melakukan traveling atau perjalanan dinas menggunakan pesawat ada aturan khusus untuk membawa barang- barang ke bagasi pesawat, baik itu untuk penerbangan domestik dan internasional.

Dalam peraturan penerbangan internasional yang diberlakukan untuk seluruh maskapai penerbangan, mengenai aturan membawa barang-barang ke bagasi pesawat. Hal ini telah diatur oleh ICAO (International Civil Aviation Organization).

Seperti yang dikutip dari PegiPegi, apa saja aturan membawa barang-barang ke dalam pesawat. Simak, Yuk!

Ada barang-barang tertentu yang dilarang, baik di bagasi tercatat ataupun bagasi kabin, yaitu barang-barang yang dapat membahayakan penerbangan.

Berikut ini adalah barang-barang yang dimaksud:

1. Bahan peledak

2. Bahan kimia/zat beracun

3. Cairan mudah terbakar

3. Benda padat yang mudah terbakar

4. Material radioaktif

4. Gas bertekanan

Ketentuan Barang yang Dibawa Masuk ke Kabin

Barang-barang yang boleh Anda bawa masuk ke dalam kabin pesawat adalah satu buah tas untuk diletakkan di bagasi kabin yang berisi barang-barang tidak berbahaya dan satu buah barang pribadi lain yang berukuran kecil dengan berat maksimal 7 kg jika digabungkan.

Barang berukuran kecil yang boleh kamu bawa adalah:

1. Tas tangan atau dompet

2. Buku saku

3. Laptop beserta tasnya

4. Kamera kecil

5. Makanan bayi atau makanan dengan diet khusus

6. Payung

7. Tongkat

8. Barang bebas pajak

Untuk cairan, aerosol, ataupun gel juga memiliki peraturan tertentu jika ingin dibawa ke kabin:

1.Tidak boleh lebih dari 100ml per kemasan.

2. Harus ditempatkan di dalam wadah yang tidak mudah terbuka dan tumpah.

Ketentuan Barang yang Masuk ke Bagasi Tercatat dan Dibatasi

Barang-barang yang tidak kamu perlukan selama penerbangan, seperti pakaian atau alat mandi, bisa Anda masukkan saja ke dalam bagasi tercatat saat check in. Barang-barang ini adalah barang-barang yang terdaftar di maskapai yang kamu naiki. Tapi bagasi ini juga punya ketentuan tertentu, yaitu:

Rata-rata pesawat memberikan 20-30 kg free luggage. Jika lebih dari itu, Anda harus membayar kelebihan bagasi yang biayanya berbeda-beda untuk setiap maskapai.

Benda bermata pisau atau berujung tajam harus dibungkus dengan rapih agar tidak merobek tas dan tidak membahayakan petugas bandara.

Tidak menyimpan barang-barang berharga di bagasi karena maskapai tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

Selain itu, ada barang-barang yang ditolak pihak keamanan bandara tapi tetap bisa kamu bawa jika didaftarkan secara khusus dan biasanya ditempatkan di security item box khusus selama di pesawat.

Setelah Anda turun dari pesawat di bandara tujuan, barang-barang tersebut akan diserahkan lagi ke kamu. Barang yang termasuk ketentuan tersebut adalah:

1. Semua jenis senjata api

2. Barang-barang olahraga, seperti tongkat pemukul kasti, alat diving, panah dan busurnya, tongkat golf, ketapel dan sebagainya.

3. Semua jenis jarum (kecuali yang dibutuhkan untuk peralatan medis)

4. Barang-barang berbahaya lainnya yang tidak umum untuk dibawa, seperti rantai sepeda atau yang lainnya

KEYWORD :

Peraturan Bagasi Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :