Rabu, 20/01/2021 22:36 WIB

Uni Eropa Tegaskan Arab Transparan Kasus Jamal Khashoggi

Uni Eropa menegaskan kembali seruannya kepada Arab Saudi agar menghukum semua pelaku yang terlibat dalam kasus pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Osman Orsal/Reuters)

Brussels - Uni Eropa menegaskan seruannya kepada Arab Saudi agar melakukan penyelidikan yang terpercaya dan transparan,  serta menghukum semua pelaku yang terlibat dalam kasus pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi.

Mewakili negara-negara Uni Eropa, Perwakilan Tinggi Hubungan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Uni Eropa Federica Mogherini menyampaikan pesannya saat memperingati Hari Pencegahan Kejahatan Terhadap Jurnalis.

Mogherini mengungkapkan bahwa kebebasan dan independensi media adalah pondasi demokrasi.

Mogherini mengatakan, jurnalis di seluruh dunia bekerja di bawah "ancaman" dan "serangan", selain itu banyak pelaku penyerangan terhadap awak media yang tak dihukum.

Dia mengimbau agar kasus pembunuhan wartawan Saudi, Jamal Khashoggi, diselidiki secara mendalam.

Khashoggi, kolumnis Washington Post hilang setelah memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Setelah beberapa minggu menyangkal mengetahui keberadaan Khashoggi, para pejabat Saudi pada 20 Oktober mengakui bahwa Khashoggi telah tewas di dalam gedung konsulat.

Polisi Turki telah menyelidiki kasus tersebut dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan 18 orang yang ditangkap di Arab Saudi atas pembunuhan itu harus dikirim ke Turki untuk diadili. (AA)

TAGS : Arab Saudi Jamal Khashoggi Uni Eropa Jurnalis Washington Post




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :