Sabtu, 20/04/2024 15:09 WIB

Alasan Mengapa IUD Tak Banyak Dipilih untuk Perencanaan Keluarga

Hanya sekitar lima persen perempuan di Indonesia yang menggunakan alat kontrasepsi IUD untuk metode perencanaan keluarga.

Hanya sekitar lima persen perempuan di Indonesia yang menggunakan alat kontrasepsi IUD (Foto: Andalan)

Jakarta - Pengetahuan perempuan Indonhanya sekitar 5 persen perempuan di Indonesia yang menggunakan IUD untuk metode perencanaan keluarga.esia mengenai IUD sebagai salah satu pilihan metode kontrasepsi yang efektif untuk merencanakan keluarga terbilang cukup tinggi, yaitu sekitar 79,2 persen.

Namun, tingginya pengetahuan tersebut tidak diimbangi dengan tingginya angka pengguna IUD di Indonesia. Terbukti, hanya sekitar lima persen perempuan di Indonesia yang menggunakan IUD untuk metode perencanaan keluarga.

dr. Tirsa Verani, Sp.OG dari Rumah Sakit Brawijaya Antasari mengungkapkan jika IUD merupakan alat kontrasepsi jangka panjang yang memiliki tingkat efektivitas tinggi sebanyak 99 persen.

Tidak hanya itu, menggunakan IUD dapat membuat perempuan merasa lebih nyaman dan aman, karena kontrasepsi ini memiliki rentang waktu yang lama mulai dari 3, 5, bahkan hingga 10 tahun. "IUD juga bisa digunakan oleh Ibu menyusui dan tidak mengganggu kesuburan," ucapnya.

Mitos dan miskonsepsi yang salah terhadap alat kontrasepsi ini menjadi penyebab utama masih banyak wanita yang ragu-ragu menggunakan IUD.

Ditemui dalam acara Influencer Gathering #SaatnyaAndalkanIUD, Product Manager Kontrasepsi Andalan Norina Veronica mengungkapkan IUD merupakan salah satu metode KB terbaik yang dapat digunakan untuk merencanakan keluarga, karena efektivitas, keamanan serta kenyamanannya.

Namun masih banyak perempuan Indonesia yang ragu-ragu menggunakan IUD karena termakan mitos serta miskonsepsi yang beredar.

“Untuk itu, pada bulan Oktober ini kami kembali mengkampanyekan mengenai manfaat IUD, serta meluruskan mitos yang beredar di masyarakat mengenai IUD lewat kampanye #SaatnyaAndalkanIUD," ujarnya di Jakarta (29/10).

Dalam kampanye digital #SaatnyaAndalkanIUD yang sudah berjalan selama bulan Oktober 2018 melalui website maupun sosial media Andalan Kontrasepsi, perempuan Indonesia dapat memperoleh pengetahuan yang jelas dan komprehensif tentang fakta dan mitos menggunakan alat kontrasepsi IUD.

KEYWORD :

Kontrasepsi IUD Perencanaan Keluarga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :