Minggu, 18/11/2018 06:20 WIB

Masa Remaja Komedian Abdel Ternyata "Anak Pancong"

Komedian Abdel ternyata anak tonkrongan dan anak gaul saat masih remaja. Ini buktinya.

Abdel bersama Laksamana Chokky dan Sutan Eries mengenalkan buku Anak Pancong. (Foto : Jurnas/Ginting)

Jakarta- Juri program Stand Up Comedy yang juga komedian cerdas, Abdel Achrian atau yang dikenal dengan nama Abdel, terbawa memori indah dimasa remaja atau masa sekolah. Ternyata, Abdel adalah sosok anak gaul atau anak tongkrongan bersama dengan teman-teman sekolahnya.

Ia menceritakan masa remajanya itu dalam sebuah buku yang baru saja diluncurkan, berjudul “Anak Pancong”. Ia bersama dengan temannya, Laksamana Cokky dan Sutan Eries Adlin dan teman-teman lainnya, berusaha merangkum semua kenangan atau cerita indah dalam sebuah tongkrongan di sebuah warung pancong yang berada di dekat terminal Rawamangun, Jakarta Timur. Bisa jadi, mereka adalah anak-anak ngehits dijamannya tahun 1980-1998 silam.

Buku Anak Pancong setebal lebih dari 270 halaman itu diluncurkan pada Sabtu 20 Oktober 2018. Laksamana Chokky sendiri sekarang menjabat Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando (Wadansesko) Angkatan Laut dan Sutan Eries Adlin, wartawan senior alumni  harian bisnis dan ekonomi Bisnis Indonesia yang kini berkiprah di reviewbekasi.com. Sementara Abdel Achrian adalah komedian ternama.

“Orang di balik penerbitan buku ini ya jenderal Cokky (panggilan akrab TSNB Hutabarat) dan Ires (panggilan akrab Eries) itu. Mereka kakak kelas saya, tetapi kebetulan saya dulu satu tongkrongan. Saya kebagian nyumbang tulisan” jelas Abdel tentang buku “Anak Pancong” di Warung Enjoi, Rawamangun, Jakarta,  Sabtu (20/10/2018).

Selain Laksamana Pertama Cokky Hutabarat dan Abdel, peluncuran buku Anak Pancong dihadiri juga oleh Direktur Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Naufal Mahfudz,  Direktur Bank Danamon Herry Hykmanto, Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Arief Mulyadi, dan Asisten Deputi di Kemenko Perekonomian, Yulius.

"Sudah nggak gampang mengumpulkan mereka lagi seperti dulu. Rasa kebersamaan yang membuat orang-orang sibuk itu mau menyempatkan diri untuk menulis demi buku ini. Contohnya Mas Naufal dan bro Yulius yang ikutan menyumbang tulisan," ucap Laksamana Chokky.

Buku Anak Pancong berkisah tentang tongkrongan remaja di warung kopi di seputaran Terminal Rawamangun pada era pertengahan 1980-an sampai pertengahan 1990-an. Meski berisi kisah tentang tongkrongan yang penuh dengan canda, Abdel menyebut  bahwa buku Anak Pancong  digarap dengan serius.

“Bisa dilihat kan dari penyuntingnya? Jenderal bintang satu sama wartawan senior! Terus, yang kasih endorse di buku itu ada Pak Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, seniman yang mantan Gubernur Banten Bang Rano Karno, host acara terkenal di Metro TV, Bang Andi F. Noya, dan kolega saya komika dan sutradara papan atas Raditya Dika," urai Abdel.

Bagi komedian senior ini, tongkrongan Anak Pancong menjadi salah satu tempat yang menempa dirinya termasuk mengasah kemampuan untuk melemparkan kelucuan-kelucuan yang amat berguna bagi kariernya sekarang ini.

TAGS : Kabar Artis Abdel Anak Pancong




TERPOPULER :