Selasa, 15/10/2019 08:33 WIB

Jerman Setop Ekspor Senjata ke Saudi

Saat ini Jerman melihat tidak ada dasar apapun untuk mendukung keputusan ekspor senjata ke Arab Saudi.

Kanselir Jerman, Angela Merkel (Foto: Financial Tribune)

Berlin – Jerman akan menyetop ekspor senjata ke Arab Saudi untuk sementara, menyusul kasus kematian jurnalis Jamal Khashoggi pada 2 Oktober lalu di Konsulat Saudi, Istanbul, Turki.

"Saya setuju dengan semua orang yang mengatakan pembatasan ekspor senjata kepada Arab Saudi," kata Kanselir Jerman Angela Merkel kepada wartawan di markas partainya.

Adapun Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas, sebelumnya mengatakan pada Sabtu (20/10), saat ini Jerman melihat tidak ada dasar apapun untuk mendukung keputusan ekspor senjata ke Arab Saudi.

Dilansir dari AFP, Jerman bulan lalu menyetujui 416 juta euro (US$480 juta) nilai ekspor senjata ke Arab Saudi untuk 2018. Dan sebelumnya, ekspor militer Berlin ke Saudi sebagian besar terdiri dari kapal patroli.

Merkel mengulangi bahwa dia mengutuk pembunuhan Khashoggi "dalam istilah yang paling kuat" dan melihat "kebutuhan mendesak untuk membereskan" kasus tersebut.

"Kami jauh dari melihat segala sesuatu di atas meja dan para pelaku dibawa ke pengadilan," katanya.

Merkel menambahkan bahwa dia akan terus berkonsultasi dengan mitra internasional tentang reaksi terkoordinasi terhadap kasus tersebut.

Kasus Khashoggi telah membuka keretakan baru yang serius antara Saudi dengan mitra Eropa Inggris, Perancis dan Jerman.

Dalam sebuah pernyataan, Barat mendesak Saudi mengklarifikasi bagaimana Khashoggi meninggal di dalam konsulat istanbul-nya, dan laporannya harus "didukung oleh fakta untuk dianggap kredibel".

TAGS : Jerman Khashoggi Arab Saudi




TERPOPULER :