Minggu, 18/11/2018 06:15 WIB

Israel Diam-diam Robohkan Bangunan Palestina di Tepi Barat

Buldoser merobohkan bangunan tempat tinggal di Kota Al-Bireh, Tepi Barat yang diduduki.

Ilsutrasi Israel merobohkan bangunan Palestina di Tepi Barat (Foto: Anadolu/Ibrahim)

Ramallah  - Pasukan Israel merobohkan  bangunan perumahan di Kota Al-Bireh, Palestina, di Tepi Barat yang diduduki. Mereka mengklaim, bangunan dibangun tanpa izin resmi.

Menurut saksi mata, pasukan militer Israel memasuki lingkungan Al-Hashemiya Al-Bireh pada Kamis (18/10) pagi dan merobohkan struktur empat lantai, yang dimiliki oleh warga Palestina setempat.

Lebih lanjut dijelaskasn, bagunan apartemen  itu dibangun beberapa tahun lalu dan tidak berpenghuni pada saat pembongkarannya.

Al-Bireh terletak di dalam apa yang disetujui oleh Perjanjian Oslo 1993 sebagai "Area C" dari Tepi Barat, di mana Israel memiliki kontrol administratif dan keamanan penuh.

Para saksi di Al-Bireh mengatakan bahwa pemerintah Israel telah memberi tahu pemilik bangunan, Khamis Matareya, tentang perobohan yang akan dilakukan terhadap gedung itu.

Warga Palestina dilarang oleh Israel untuk mendirikan bangunan di Area C tanpa izin, yang hampir tidak mungkin diperoleh.

Ditandatangani oleh Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina, Perjanjian Oslo membagi Tepi Barat yang diduduki - termasuk Yerusalem Timur - ke Wilayah A, B dan C.

Wilayah A berada di bawah kendali administratif dan keamanan Otoritas Palestina (PA), Wilayah B berada di bawah kendali administratif PA dan kontrol keamanan Israel, sedangkan Wilayah C berada di bawah kendali administratif dan keamanan eksklusif Israel. (aa)

 

TAGS : Israel Palestina




TERPOPULER :