Senin, 09/12/2019 15:20 WIB

Perancis Batal Kunjungi Konferensi Investasi Riyadh

Menteri Ekonomi Prancis menegaskan bahwa keputusan itu tidak akan mengancam kemitraan strategis antara kedua negara.

Bendera kebangsaan Perancis (Foto: dot net)

Paris - Menteri Ekonomi Perancis, Bruno Le Maire membatalkan menghadiri konferensi investasi di Riyadh. Penarikan ini berkaitan dengan hilangnya jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi.

"Saya tidak akan pergi ke Riyadh minggu depan. Situasi saat ini tak memungkinkan saya untuk pergi ke Riyadh," kata Le Maire saat diwawancarai oleh Senat Publik Perancis

Future Investment Initiative akan digelar pada 23-25 Oktober 2018. Le Maire menegaskan bahwa keputusan itu tidak akan mengancam kemitraan strategis antara kedua negara.

Jumlah partisipan konferensi itu pun berkurang drastis, karena sejumlah tokoh besar mengumumkan bahwa mereka tidak akan hadir. 

Pada Rabu, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengumumkan pembatalan kehadirannya, menyusul Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, dan eksekutif perusahaan-perusahaan global besar, termasuk Uber, Ford, AOL, Viacom, JPMorgan Chase, Google, dan London Stock Exchange Group.

Khashoggi menghilang sejak memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.Di hari yang sama, 15 warga Saudi  tiba di Turki dengan dua pesawat dan menyambangi konsulat. (aa)

TAGS : Arab Saudi Turki Jamal Khashoggi Perancis




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :