Sabtu, 20/10/2018 21:41 WIB

Iran: Israel-AS Negara Pengacau

Larijani mengatakan, keluarnya Paman Sam dari kesepakatan nuklir multilateral 2015 di bulan Mei adalah contoh nyata tindakan sepihak itu.

Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani

Tehran - Ketua Majlis Iran, Ali Larijani mengatakan, unilateralisme Amerika Serikat (AS) adalah alasan di balik masalah di dunia dan menyerukan persatuan global terhadap tindakan sepihak dan ilegal Washington.

"AS dan rezim Israel adalah penyebab di balik merongrong keamanan internasional. Tindakan sepihak oleh negara seperti AS telah menyebabkan masalah bagi komunitas internasional," kata Larijani dalam pidato di pertemuan tahunan ketiga pembicara parlemen negara-negara Eurasia di Antalya, Turki.

Larijani mengatakan, keluarnya Paman Sam dari kesepakatan nuklir multilateral 2015 di bulan Mei adalah contoh nyata tindakan sepihak itu.

"Kebijakan sepihak seperti itu telah mempengaruhi perkembangan negara-negara dan menyebabkan tantangan terhadap kedaulatan internasional dan multilateralisme," Larijani.

Larijani mengatakan bahwa peserta dalam KTT Eurasia harus mengangkat "kebijakan bijaksana" untuk melawan unilateralisme dan memperluas kerja sama di bidang politik, ekonomi dan keamanan.

Ia menambahkan bahwa KTT adalah kesempatan untuk bertukar pandangan tentang kerjasama yang erat dan mengambil tindakan serius untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dunia. (Tehran)

TAGS : Iran Amerika Serikat Israel Turki




TERPOPULER :