Selasa, 16/10/2018 20:56 WIB

Iran: Haley Mengundurkan Diri, AS Kian Terisolasi

Haley mengundurkan diri pada hari Selasa, dan Presiden AS Donald Trump menerima pengunduran dirinya.

Duta Besar AS, Nikki Haley akan mengumumkan secara resmi pada konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo di Washington pada Selasa jam 5:00 sore waktu setempat

Tehran - Utusan Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengungkapkan, Amerika Serikat (AS) kini lebih lebih terisolasi daripada sebelumnya. Ia pun mendesak negara itu untuk melepaskan kebijakan unilateralismenya.

"Kebijakan unilateral AS mengenai masalah hukum, internasional dan lingkungan dan penarikan negara dari perjanjian internasional, termasuk perjanjian nuklir Iran membuat AS terisolasi," ujar Wakil Tetap Iran untuk PBB, Gholamali Khoshroo.

Khoshroo mengatakan, unilateralisme Gedung Putih selama masa kepemimpinan Haley menyebabkan isolasi AS di PBB. "Meskipun ada upaya Haley di PBB, masalah Palestina masih menjadi prioritas utama," katanya.

Nikki Haley mengundurkan diri Duta Besar AS untuk PBB pada hari Selasa, dan Presiden AS Donald Trump sudah menerima pengunduran dirinya.

Haley salah satu tokoh anti-Iran dari pemerintah AS, dan selalu mengambil sikap kuat terhadap Iran.

Trump yang memimpin Majelis Umum PBB pada awal Oktober dan memimpin pertemuan di Dewan Keamanan PBB, hampir sebagian bersar membahas masalah Iran. Sayangnya tidak mendapat dukungan dari negara lain.

Perwakilan dari negara-negara yang berpartisipasi di Dewan Keamanan justru mencibir kembali pernyataan kritis klaim Trump atas kesepakatan nuklir Iran 2015.

Beberapa analis menggambarkan pertemuan itu sebagai isolasi Amerika di dunia. (IRNA)

TAGS : Amerika Serikat PBB Nikki Haley Iran




TERPOPULER :