Rabu, 19/12/2018 10:13 WIB

Mendagri Minta Kepala Daerah se-Indonesia Bantu Sulawesi Tengah

Mendagri Tjahjo Kumolo meminta kepala daerah di seluruh Indonesia untuk menyalurkan bantuan dana kepada Sulawesi Tengah yang sedang mengalami bencana gempa dan tsunami.

Mendagri, Tjahjo Kumolo

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta kepala daerah di seluruh Indonesia untuk menyalurkan bantuan dana kepada Sulawesi Tengah yang sedang mengalami bencana gempa dan tsunami.

Menurutnya, pemerintah pusat telah melayangkan radiogram sebagai payung hukum agar seluruh kepala daerah di Indonesia mengeluarkan anggaran bencana ke Sulawesi Tengah.

"Sisihkanlah anggaran bencana itu untuk disumbangkan kepada saudara kita yang kena musibah," kata Tjahjo, di Gedung KPK, Jakarta, Senin (1/10).

Tjahjo menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah menyisihkan anggaran bencana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masing-masing untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu serta Donggala.

Setelah radiogram dikirim, kata Tjahjo, sejumlah daerah telah memberikan bantuan, yakni Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, serta Jawa Timur.

"Gorontalo, Sulbar sama Sulsel yang pertama, kemudian menyusul Kaltim, Jawa Timur. Sekarang sudah gotong royong semuanya," terang politikus PDIP itu.

Diketahui, berdasarkan data BNPB, korban tewas akibat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, mencapai 844 orang. Korban tewas terbanyak berada di Palu yakni 821 orang. Sementara di Donggala 11 orang dan Kabupaten Parigi Moutong 12 orang.

Berdasarkan data BNPB juga, korban luka gempa dan tsunami mencapai 632 orang dan kini dirawat di berbagai rumah sakit. Pengungsi juga telah mencapai 48 ribu orang di Palu. Data pengungsi di Donggala dan wilayah lainnya belum terdata.

TAGS : Mendagri Tsunami Sulawesi Tengah




TERPOPULER :