Selasa, 11/12/2018 20:07 WIB

Itang Yunasz: Busana Muslim Tak Sekadar Fashion

Bagi Itang Yunasz Contemporary Muslim Fashions adalah bentuk nyata saling menghargai dan toleransi antar pemeluk agama.

Bagi Itang Yunasz Busana Muslim Tak Sekadar Fashion (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Menapaki 37 tahun berkarya, Itang Yunasz semakin mengukuhkan dirinya sebagai desainer yang memiliki kekuatan di ‘dunia persilatan’ industri fashion Indonesia.

Terbukti dengan masuknya namanya dalam radar team kurator Costume and Textile Arts at the Fine Arts Museums of San Francisco yang akan menggelar pameran bertajuk Contemporary Muslim Fashions mulai 22 September mendatang.

Itang Yunasz dinilai sebagai desainer yang menjadi pelopor dan memberi pengaruh pada ‘ombak’ perkembangan busana muslim Indonesia yang juga mempengaruhi perkembangan industri busana muslim dunia.

Bagi Itang berbusana santun bukanlah sekadar fashion, tetapi bisa diibaratkan ‘jiwa’ kami sebagai umat muslim, dan pameran ini menjadi sangat penting dalam perkembangan busana muslim.

"Bisa dianggap sebagai sebuah statement, sebuah bentuk diterimanya dan dihormatinya sebuah keyakinan sebagian umat dalam berpenampilan yang mengacu pada
petunjuk-Nya, yang kemudian penerimaan ini dibagikan pada masyarakat luas melalui sebuah presentasi pameran," ucapnya di Jakarta, Senin (17/9).

Bisa dibilang, Contemporary Muslim Fashions adalah bentuk nyata saling menghargai dan toleransi antar pemeluk agama.

"Hal ini sungguh luar biasa dan saya sangat menghargai mereka yang terlibat mulai dari membuat riset, menggagas, memrakarsai, memberi izin dan siapa pun yang terlibat dalam pameran ini,” ujar Itang.

Kini modest fashion dengan cepat menjadi fenomena komersial; pasar busana Muslim global diperkirakan bernilai $327 miliar pada 2020.

Menurut laporan Global Islamic Economy terbaru - lebih besar dari pasar busana saat ini dari Inggris ($107 miliar), Jerman ($99 miliar) dan India ($96 miliar) digabungkan. Dan kelas menengah Muslim yang sedang naik daun, memiliki kemakmuran yang lebih besar dan selera yang canggih serta kebanggaan dalam agamanya, kemungkinan akan meningkat tiga kali lipat dari sekitar 300 juta pada 2015 menjadi 900 juta pada 2030.

TAGS : Itang Yunasz Muslim Desainer Fashion




TERPOPULER :