Kamis, 25/04/2024 03:54 WIB

Soal Tarif Perdagangan, AS Buka Kapet Merah untuk China

Pemerintah Amerika Serikat (AS) bersedia menegosiasikan kesepakatan perdagangan dengan China kapan pun yang diinginkan.

Bendera kebangsaan China berkibar di sekitar kontainer (Foto: Reuters)

New York - Penasihat ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow mengatakan, Pemerintah Amerika Serikat (AS) bersedia menegosiasikan kesepakatan perdagangan dengan China kapan pun yang diinginkan.

Melalui Economic Club of New York, Kudlow juga mengatakan reformasi ekonomi China bergerak ke arah yang salah. Karena itu mendukung Gedung Putih menjatuhkan tarif baru untuk produk China senilai USD200 miliar.

"Kami siap untuk bernegosiasi dan berbicara dengan China kapan saja mereka siap untuk negosiasi serius dan substantif menuju perdagangan bebas untuk mengurangi hambatan tarif dan non-tarif, untuk membuka pasar, untuk memungkinkan ekonomi yang paling kompetitif di dunia, dan untuk ekspor barang dan jasa lebih banyak ke China," tarang Kudlow.

Presiden Amerika Serikat (AS) resmi menerapkan tarif impor sebesar USD200 miliar untuk lebih dari 5.000 otem barang-barang China, mulai Senin (17/9) atau Selasa waktu setempat.

Di antara barang-barang yang terkena tarif impor ini yaitu  termasuk produk teknologi internet dan elektronik lainnya, papan sirkuit cetak dan barang-barang konsumsi, termasuk makanan laut China, furnitur dan produk lampu, ban, bahan kimia, plastik, sepeda dan kursi mobil untuk bayi.

KEYWORD :

China Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :