Senin, 15/10/2018 19:27 WIB

Pelecehan Seksual Agamawan Budha Bukan Hal Baru

Dalai Lama tak heran dengan adanya laporan tindak pelecehan seksual, yang dilakukan oleh sejumlah agamawan Budha.

Dalai Lama (Foto: AFP)

Delhi – Pemimpin spiritual Budha asal Tibet, Dalai Lama tak heran dengan adanya laporan tindak pelecehan seksual, yang dilakukan oleh sejumlah agamawan Budha. Menurutnya, hal itu sudah terjadi sejak 1990-an silam.

“Saya sudah tahu hal-hal ini. Tidak ada yang baru,” kata Dalai Lama pasca menyelesaikan perjalanan empat harinya ke Belanda.

“25 tahun yang lalu, seseorang menyebutkan tentang masalah tuduhan seksual juga,” lanjutnya.

Sehari sebelumnya, Dalam Lama melakuan kunjungan ke Belanda. Di sana ia bertemu dengan sejumlah korban pelecehan seksual, yang dilakukan oleh para guru Budha.

Salah satu korban mengaku, “kami menemukan tempat perlindungan dalam Budha dengan pikiran dan hati terbuka, hingga kami diperkosa atas nama Budha.”

Dalai Lama yang kini tinggal di pengasingan di Dharamshala, India Utara mengecam perlakuan tersebut. Menurutnya, pelaku pelecehan seksual sudah tak mengindahkan ajaran Sang Budha.

“Jadi sekarang setelah semuanya diketahui publik, orang-orang mungkin khawatir tentang rasa malu mereka,” ucap Dalai Lama.

Dilansir dari AFP, dalam rangka menyikapi sejumlah kasus pelecehan seksual oleh agamawan Budha, para pemimpin spiritual Tibet akan bertemu di Dharmashala pada November nanti.

TAGS : Dalai Lama Budha Pelecehan Seksual




TERPOPULER :