Minggu, 28/04/2024 10:24 WIB

Ini Syarat Susu yang Penuhi Nilai Gizi

Susu yang murni tanpa bahan tambahan ialah susu yang memenuhi syarat gizi baik untuk tubuh.

Susu yang murni tanpa bahan tambahan ialah susu yang memenuhi syarat gizi baik untuk tubuh (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Siapa yang tidak suka susu? Terlebih anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tapi bagaimana memilih susu yang bisa dikonsumsi sehari-hari untuk melengkapi kebutuhan gizi anak.

Dalam acara bincang-bincang mengenai susu, ilmuwan nutrisi, Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD. menjelaskan sebagai konsumen, kita perlu jeli dalam memilih produk yang akan dikonsumsi keluarga, termasuk untuk pemilihan produk susu. 

Susu segar yang didapat dengan proses pasteurisasi adalah jenis susu paling baik yang dianjurkan untuk konsumsi sehari-hari karena proses pasteurisasi membuat susu segar aman dikonsumsi dengan mempertahankan kualitas tanpa mengurangi vitamin dan mineral yang membuat susu penting untuk pola makan yang seimbang dan sehat.  

"Namun, susu pasteurisasi hanya bisa bertahan di luar lemari pendingin selama 3-4 jam sehingga tidak bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana untuk waktu yang lama," ucap Matthew yang ditemui usai peluncuran UHT Greenfields di Jakarta, Jumat (14/9).

Oleh karena itu dihadirkan proses Ultra High Temperature (UHT) yang mampu membunuh bakteri dan spora di dalam susu sehingga memungkinkan susu UHT disimpan di suhu ruangan dalam jangka waktu beberapa bulan.

"Untuk memastikan susu UHT yang kita konsumsi merupakan susu dengan kualitas terbaik, saya menganjurkan agar konsumen memeriksa dengan teliti sumber dari susu UHT tersebut. Pilihlah susu UHT yang dibuat hanya dari susu segar murni," imbaunya. 

KEYWORD :

Susu Gizi Anak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :