Rabu, 12/12/2018 11:08 WIB

Taji AS Mulai Tumpul, Dunia Berantakan

Menurut Guterres dunia saat ini sedang

Sekjen PBB Antonio Guterres (Foto: Financial Tribune)

Washington - Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, mengatakan, kekuatan Amerika Serikat (AS) sedang menurun karena Washington kehilangan kemampuannya untuk mempengaruhi berbagai peristiwa dunia.

"Saya pikir bahwa soft power AS sedang berkurang pada saat ini," kata Guterres pada wawancara dengan majalah Atlantic, dilansir dari Anadolu.

Guterres memperingatkan, perkembangan itu menimbulkan tantangan unik bagi masyarakat internasional, karena tanpa Washington tidak ada solusi untuk menyelesaikan sebagian besar masalah di dunia.

"AS saat ini terlibat dalam sejumlah konflik dengan berbagai sifat dan memang itu berarti, ketertarikan masyarakat Amerika, yang merupakan faktor dominan dalam hubungan internasional beberapa dekade lalu, saat ini kurang jelas," kata Guterres.

Sayangnya, Guterres tidak secara langsung menunjuk pemerintahan Trump, tetapi komentarnya mencerminkan peningkatan jumlah perselisihan dagang AS di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump serta penarikan AS dari kesepakatan internasional dan badan PBB.

Ia berpendapat bahwa dunia saat ini sedang berantakan, bergerak menjauh dari tatanan yang dipimpin AS, ke sistem multipolar yang belum sepenuhnya diselesaikan.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa tatanan dunia yang unipolar akan semakin dipertanyakan. Baik Gedung Putih maupun seluruh dunia harus mampu beradaptasi dengan situasi baru ini," jelasnya.

TAGS : Amerika Serikat PBB Antonio Guterres




TERPOPULER :