Kamis, 22/11/2018 02:46 WIB

Arab Saudi dan UEA Tekan Oman Putuskan Hubungan dangan Iran

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mencoba menekan Oman untuk memutuskan hubungannya dengan Teheran.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud (Foto: Tomohiro Ohsumi/Reuters)

Teheran - Salah satu situs Amerika Serikat (AS), Stratfor, mengungkapkan bahwa Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mencoba menekan Oman agar memutuskan hubungannya dengan Teheran.

Pada Sabtu, situs ini menulis, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab berusaha meneka Kesultanan Oman untuk mengubah sikap mereka terhadap Iran dan mengejar kebijakan sejalan dengan Riyadh dan Abu Dhabi.

Situs itu menambahkan, terlepas dari fakta bahwa Muscat berselisih dengan negara-negara Teluk Persia, Arab Saudi dan Emirat berharap agar Oman memutuskan hubungan dengan Iran untuk menghindari sanksi ekonomi AS.

"Tentu saja, Muscat akan menggunakan hubungan yang luas dan baik dengan kekuatan internasional dan regional untuk menahan tekanan ini," tulis Stratfor, dilansir IRNA, Minggu (2/9).

Menurut laporan itu, Riyadh dan Abu Dhabi cenderung lebih fleksibel terhadap kepentingan regional mereka. Mereka mendorong Oman menghentikan perdagangannya dengan Iran, menutup hubungan dengan Houthis Yaman dan bergabung untuk melawan Qatar.

Menurut situs itu, Muscat memiliki peran paling lemah dalam strategi Paman Sam untuk menekan Iran, yang memungkinkan akan dimanfaakan Teheran menggunakan wilayah itu menghindari sanksi Gedung Putih.

Jika Riyadh dan Abu Dhabi gagal mebujuk Oman, kedua negara itu akan menggunakan cara lain, yang dapat memberi tekanan pada warga Oman dan perusahaannya di Uni Emirat Arab, yang merupakan mitra dagang terbesar Oman.

TAGS : Iran Amerika Serikat Uni Emirat Arab Oman




TERPOPULER :